Guyon Ganjar Pranowo Saat Bicara Pangan: Kadang Ada yang Makan Teman Juga

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunggah video singkat berisi ajakan optimalisasi pangan di Indonesia. Ia mengunggah video tersebut pada laman sosial media pribadi miliknya Selasa, 7 Juni 2022.

Dalam unggahan video yang memperlihatkan dirinya sedang berpidato itu, Ganjar menuliskan sebuah caption yang berisi ajakan untuk memaksimalkan seluruh potensi pangan yang ada di Indonesia.

Politikus PDIP itu menulis bahwa persoalan makanan adalah persoalan harga diri bangsa yang harus bisa dioptimalisasi oleh bangsa itu sendiri.

"Persoalan makanan adalah Persoalan harga diri bangsa. Apakah kita bisa mencukupi kebutuhan sendiri? sangat bisa! Ayo optimalkan seluruh potensi pangan kita," tulis Ganjar Pranowo melalui twitter @ganjarpranowo Selasa 7 Juni 2022.

Ganjar juga menuliskan akan potensi besar yang dimiliki bangsa ini jika Sumber Daya Alam (SDA) bisa dioptimalkan. Bahkan mampu menjadi lumbung pangan dunia.

"Sagu, jagung, sorgum, beras, singkong bahkan shirataki kita juga potensinya besar. Kalau semua itu bisa kita optimalkan, negara kita ini akan jadi lumbung pangan dunia," kata dia.

Dalam video unggahannya ia mengingatkan untuk berhati-hati terhadap banyaknya negara yang sudah menghentikan ekspor bahan pokok.

Namun menurutnya pula Indonesia seharusnya sudah tidak perlu mengkhawatirkan akan bahan pokok dengan kondisi negara yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

"Negara-negara sekarang udah mengunci diri untuk tidak mengekspor bahan pokoknya hati-hati loh, makanan. Kalau orang Indonesia kalau saya sih gak takut Bapak/Ibu. Kita itu apa aja bisa. Padi punya, iya nggak? umbi-umbian kaya kita! makan alternatif luar biasa banyaknya, iya nggak? sagu, waduh Indonesia Timur sagu banyak! semua makanan ada," ujarnya dalam video.

Ia juga mengajak masyarakat Indonesia agar tetap tenang akan ketersediaan pangan yang melimpah.

Dalam video yang diunggah ia juga melontarkan guyonan diikuti dengan tawa kecil khasnya.

"Kadang-kadang ada yang makan teman juga, jadi kalau urusan makan kita tenanglah, gitu. Kita tenang," kata Ganjar Pranowo.

Baca juga: PDIP Tak Masalah Relawan Pendukung Ganjar Pranowo Bermunculan, Asal..

RAHMA DWI SAFITRI

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan