KPK Layangkan Peringatan ke Tersangka Kasus Korupsi Gereja Kingmi Mimika

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memperingatkan tersangka di kasus dugaan korupsi pembangunan gereja Kingmi Mile 32, Timika, Papua. KPK menyampaikan peringatan itu karena tersangka tersebut mangkir dari panggilan hari ini.

“Kehadiran tersangka dibutuhkan pada proses penyidikan ini,” kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa, 7 Juni 2022.

Ali mengatakan KPK telah memanggil tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan gereja tersebut secara patut. Dia mengatakan KPK sudah mengirimkan surat panggilan ke alamat tersangka itu.

“Namun hingga siang ini yang bersangkutan belum hadir,” kata Ali.

Ali belum memberi tahu identitas tersangka tersebut. KPK memang belum mengumumkan secara resmi tersangka dan detail perkara dalam kasus korupsi Gereja Kingmi Mile 32, Papua itu.

“Konstruksi perkara dan pihak yang ditetapkan sebagai tersangka akan kami sampaikan secara resmi pada saat proses penahanan,” kata Ali.

Sebelumnya, KPK telah memeriksa sejumlah pejabat Kabupaten Mimika dalam dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32. Di antaranya, Sekretaris Daerah Mimika, Aosilius You.

"Yang bersangkuran diperiksa sebagai saksi," kata Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri, Senin, 9 November 2020.

Selain itu, KPK juga memeriksa tiga mantan pejabat di Mimika, yaitu Kepala Dinas Pendapatan Mimika 2013-2015, Cheryl Lumenta; Kepala Dinas Sosial Mimika 2014-2015, Gerrit Jan Koibur; dan Asisten Daerah Bidang Kesra Kabupaten Mimika tahun 2015-2017, Alfred Douw.

Dua pihak swasta juga ikut diperiksa, yaitu Muhammad Natsar, Kepala Cabang PT Darma Abadi Consultant; dan M. Ilham Danto, Direktur PT. Kuala Persada Papua Nusantara.

KPK tengah melakukan penyidikan terhadap dugaan pembangunan Gereja Kingmi di Kabupaten Mimika, Papua Tahun Anggaran 2015. KPK telah menetapkan tersangka di kasus ini, namun belum mengumumkannya.

Baca juga: KPK Periksa Sekda Mimika dalam Kasus Korupsi Pembangunan Gereja

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan