Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Luhut: Tanya Saja Sama Istana

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Isu reshuffle kabinet pada bulan ini berhembus kencang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dirinya tidak tahu soal nama-nama yang akan kena reshuffle.

“Tanya aja sama istana, boro-boro saya tanya,” kata Luhut saat ditemui di Komplek Parlemen, Kamis, 9 Juni 2022.

Dia mengatakan dirinya masih pusing dengan pekerjaan sendiri. Sehingga posisinya saat ini belum bertanya desas-desus nama di lingkaran kabinet yang akan tergeser atau diganti.

“Gak sempet,” ujarnya.

Kemarin, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak bicara banyak ketika ditanya soal reshuffle kabinet. Isu reshuffle kabinet mencuat sejak Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung dengan koalisi pemerintah pada Agustus 2021.

Namun hingga kini, Jokowi belum melakukan reshuffle dan PAN belum mendapat kursi di kabinet. “Belum, belum,” ujar Jokowi usai meresmikan Masjid At-Taufiq di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Juni 2022.

Menurut pejabat itu, Jokowi dan Zulkifli membicarakan soal perombakan kabinet. Namun, sumber tersebut mengatakan Presiden dan Zulkifli belum sampai pada pembicaraan ihwal nama calon menteri. pun posisi yang akan diisi oleh kader PAN masih samar.

Ketua DPP PAN, Bima Arya, mengakui bahwa ada informasi partainya akan mendapat jatah kursi menteri jika Jokowi melakukan perombakan kabinet. PAN disebut-sebut bakal mendapat satu posisi menteri dan satu kursi wakil menteri. “Info yang saya dengar dari beberapa sumber begitu,” tuturnya lewat pesan singkat, Sabtu, 12 Maret 2022.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya juga enggan menjawab soal kabar reshuffle digelar 15 Juni 2022. Pratikno tidak membenarkan dan tidak juga membantah. Dia mengatakan, jika ada jadwal bakal dibocorkan sedikit demi sedikit.

“Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit,” kata Pratikno, Kamis pekan lalu.

Sementara itu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi enggan berkomentar soal kabar reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Namanya disorot setelah terjadinya kelangkaan minyak goreng. Dia pun menyerahkan sepenuhnya keputusan reshuffle kabinet kepada Presiden Jokowi.

“Itu kan prerogatif presiden,” katanya saat ditemui seusai rapat bersama Komisi VI DPR RI di Komplek Parlemen, Senin, 7 Juni 2022.

Lutfi juga tidak berkomentar soal menilai dirinya sendiri atas penanganan  minyak goreng. “Jadi saya serahkan sama beliau lah,” kata dia.

FAIZ ZAKI | DEWI NURITA

Baca: Ditanya Soal Reshuffle Kabinet, Jokowi: Belum, belum

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan