‘Merias Diri’ ala Puan Maharani?

  • Bagikan

Ibadah umroh yang dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin menuai perhatian. Selain dinilai bernuansa politis, satu hal yang tidak kalah menarik adalah penampilan Puan. 

Suaraflores.net

Mengenakan jilbab merupakan bentuk ekspresi ketika menjalankan ajaran agama dengan baik dan benar. Hal inilah yang disampaikan oleh Direktur Gerakan Perubahan Muslim Arbi saat menanggapi perubahan penampilan dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani. 

Perubahan penampilan ini terlihat pada momentum kunjungan Puan ke Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad dan Peradaban Islam di Madinah, Arab Saudi,pada bulan Mei 2022 lalu. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan umroh Puan bersama dengan Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin. 

Hmm, ya tidak heran jika perubahan penampilan seorang Puan Maharani menyita perhatian publik – mengingat dalam kesehariannya sebagai tokoh politik Puan hampir tidak pernah mengenakan outfit atau busana bernuansa Islami. Penampilannya cenderung biasa saja ketika sedang beraktivitas dan bekerja. Maka, munculah berbagai macam tafsir yang bernuansa politis – salah satunya perubahan penampilan untuk menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Well, sebenarnya sah-sah saja apabila seseorang ingin merubah penampilannya apalagi menjadi lebih religius. Tidak ada yang salah dari perubahan penampilan Puan Maharani beberapa waktu lalu. 

Ya, mungkin saja tindakan tersebut merupakan bukti jika Puan pantas menjadi juri dalam ajang Puteri Indonesia 2022. Penampilan yang religius kini juga menjadi tren lho, buktinya banyak model perempuan yang tampil dengan mengenakan busana muslim. Jadi, ya tidak menutup kemungkinan jika Puan menampilkan perubahan ini untuk menunjukkan kalau dirinya dekat dengan dunia fashion atau model. Slay, girl!

Ya, perubahan penampilan pada perempuan itu tentu juga dipengaruhi oleh kosmetik lho. Maka, tidak heran jika banyak perempuan yang rela berdandan dan merias diri agar dirinya semakin cantik dan ‘glowing’. 

Eits, tetapi bukan berarti merias diri itu membuat orang lupa lho terhadap wujud asli pengguna make-up itu. Ya, kalau di film bisa seperti karakter Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix, tampilan sosok ‘Joker’ yang nyentrik dengan senyum lebarnya serta jiwa psikopatnya ternyata hanyalah di dalam film. Joaquin Phoenix, pemeran tokoh Joker tidak memiliki kejiwaan yang terganggu seperti di dalam film. 

Bahkan, perubahan ukuran tubuh yang drastis karena diet ketat hingga turun 23 kg tidak serta merta merubah penampilan Joaquin Phoenix secara permanen. Saat memenangkan Oscar karena film Joker, postur tubuhnya kembali normal seperti semula. 

Kemenangan sebagai aktor terbaik ini merupakan buah dari ‘kerja keras’ Joaquin. Upayanya memainkan karakter Joker dengan totalitas akhirnya terbayarkan dengan penghargaan piala Oscar. 

Mahir dalam memainkan peran dalam film merupakan sebuah hal yang lumrah bagi seorang aktor. Seperti dalam teori Impression Management dalam buku Erving Goffman berjudul The Presentation of Self in Everyday Life, dijelaskan jika seseorang berusaha menampilkan gambaran dirinya di hadapan orang lain untuk membentuk impresi yang diinginkan. 

Hmm, kalau dilihat-lihat sih teori ini cocok dengan profesi yang membutuhkan sebuah citra positif. Tidak hanya aktor, beberapa profesi pun membutuhkan citra yang baik seperti pejabat publik dan politisi. 

Apalagi, jika politisi memiliki suatu kepentingan yang ingin dicapai, tentu berbagai usaha akan dilakukan demi mendapatkan dukungan dari masyarakat. Nah, maka nggak heran kalau tiba-tiba ada perubahan sifat dari politisi, misalnya jadi sosok yang dekat dengan masyarakat atau lainnya. 

Hmm, kira-kira perubahan penampilan Puan punya motif seperti ini juga nggak ya? Atau perubahan penampilannya hanya sekedar pembuktian kalau dirinya mahir dalam memoles diri karena sempat menjadi juri Puteri Indonesia 2022? Ya, intinya perubahan penampilan tidak serta merta merubah karakter dan wujud asli seseorang ya, guys. (G69)

Sumber: pinterpolitik.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan