Pantes Dibilang ‘Nyari Mati’, Makanan Pedas yang Bikin Irfan Hakim Masuk RS Nyatanya Bisa Bikin Tenggorokan Robek, Tuli, bahkan Kehilangan Nyawa, Ini Daftar Korbannya

  • Bagikan

Suaraflores.net – Ada yang bilang kalau makan tanpa rasa pedas, bak sayur tanpa garam, menjadi hambar, tapi siapa sangka makanan pedas ini bisa membuat Anda ‘nyaris mati’?

Ini terjadi pada presenter Irfan Hakim dan timnya yang mendapat perawatan darurat di rumah sakit, dan beruntungnya mereka tidak perlu diopname dan bisa beraktivitas kembali.

Apa yang terjadi?

Rupanya mereka memakan keripik pedas One Chip Challenge dari YouTuber Tanboy Kun.

Ifan Hakim menceritakan bahwa dia memang mengundang Bara Ilham, nama asli YouTuber Tanboy Kun, untuk membuat konten bareng di rumahnya.

Lalu, Tanboy Kun menantang Irfan Hakim untuk makan keripik pedas One Chip Challenge.

Keripik ini diklaim sebagai keripik terpedas di dunia, dan untuk Irfan Hakim ditambah lagi dengan saus pedas.

“Saus satu sendok, keripik satu (lempeng),” ujar Irfan Hakim didampingi Tanboy Kun, seperti dikutip dari kanal YouTube deHakims Story, melansir kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Begitu mencicipinya, Irfan merasakan rasa pedas, lalu dua karyawannya ikut mencicipi keripik pedas itu, ditambah dua karyawan yang lain mengikuti tantangan itu.

Tiga menit kemudian setelah keripik pedas itu masuk ke tubuhnya, Irfan semakin merasakan pedas dan perutnya mulas, demikian pula dengan karyawannya yang mengikuti tantangan.

Irfan merasa tidak biasa kala menelan keripik berwarna hitam itu, dan mendadak salah satu tim Irfan pun tumbang.

“Tiba-tiba panas, air mata keluar dengan sendirinya, ingus keluar, keringat keluar,” ucap Irfan yang menyebut tenggorokan hingga perutnya menjadi panas.”

Tiba-tiba mendadak salah satu tim Irfan tumbang, disusul Irfan muntah, sempat ke kamar mandi tetapi tidak bisa buang air.

Keadaan itu membuat Tanboy Kun panik.

Akhirnya Irfan meminta pertolongan orang-orang di rumahnya, setelah tiga karyawan Irfan yang lain pun tumbang satu per satu, dan in semakin menambah kepanikan Tanboy Kun.

Irfan dan karyawannya kemudian dilarikan ke rumah sakit, meskipun tidak sampai pingsan, Irfan mengaku sangat lemas, bahkan salah satu karyawannya mengalami kaku jari tangannya saat tiba di rumah sakit.

“Kita kepikiran mau mati,” timpal Irfan.

Namun, setelah diinfus dan dirawat beberapa jam, Irfan dan karyawannya diperbolehkan pulang kembali, dan juga diberi obat.

Demikianlah bagi yang tidak terbiasa makan pedas atau menyantap makanan pedas yang sudah di luar batas normal, tentu saja Anda akan mengalami efek samping yang tidak biasa pada tubuh Anda.

Dan ternyata tamakan pedas ini tidak hanya populer di Indonesia saja, bahkan di seluruh dunia.

Sudah banyak kompetisi atau lomba makan yang menggunakan konsep makanan atau minuman pedas, untuk menantang para peserta yang mengikuti lomba-lomba tersebut.

Seperti melansir dari Men’s Health, beberapa orang ini harus berakhir dengan nasib yang tragis, setelah mereka memakan makanan yang terlalu pedas, bahkan beberapa di antaranya nyaris kehilangan nyawa, berdasarkan efek samping yang mereka rasakan.

1. Tenggorokan robek

Menurut laporan medis The Journal of Emergency Medis tahun 2016, seorang pasien berusia 47 tahun dari California, dilarikan ke rumah sakit setelah menyantap hamburger dengan saus ghost pepper yang super pedas.

Ghost pepper merupakan salah satu cabai terpedas di dunia dengan sengatan pedas dua kali lebih dahsyat dari cabai habanero.

Ghost pepper ini bisa menimbulkan masalah yang serius pada tubuh, khususnya tenggorokan yang mencerna cabai ‘setan’ ini.

Meskipun pria itu sudah membasuhnya dengan enam gelas air putih, dia masih merasakan sakit dan ngilu di bagian tenggorokannya.

Setelah diperiksa lewat CT Scan, dokter menemukan adanya robekan sebesar 2,5 cm di bagian tenggorokannya, karena pria itu sebelumnya berusaha memuntahkan makanan tersebut akibat rasa pedas yang tak kunjung reda.

Untunglah robekan ini tidak fatal, sehingga nyawa pria itu masih bisa diselamatkan, meski melalui perawatan khusus selama 20 hari.

2. Tuli atau kehilangan pendengaran

Mengutip laporan Mirror UK, seorang koki pria asal London, Inggris, Ben Sumadiwiria ini sempat kehilangan pendengarannya sementara waktu, akibat makan mie berisi 100 cabai di sebuah restoran kecil yang ada di Indonesia.

Banyaknya cabai itu membuat mie yang dimakannya menjadi terasa panas, bahkan lebih panas dari saus Tobasco.

Ben tampak berkeringat hingga membuat tubuhnya basah kuyup saat memakan mie itu, dia pun merasa pusing, muntah, dan akhirnya harus melepas pakaiannya, bahkan membasahi kepalanya ke dalam air agar jadi dingin, karena merasa terbakar.

3. Kehilangan nyawa

Pada tahun 2008, seorang chef amatir asal Inggris  Andrew Lew harus kehilangan nyawanya setelah menyantap saus cabai buatannya sendiri, karena taruhan dengan kekasih sang adik.

Saus cabai buatan Andrew ini dibuat menggunakan cabai merah yang ditanam sendiri, demi mendapatkan sengatan pedas yang sesuai.

Andrew iseng mencoba saus cabai itu, setelah menyantapnya dia mengeluh seluruh tubuhnya gatal-gatal, hingga dia tertidur, malangnya dia tidak pernah bangun lagi untuk selamanya.

Pihak keluarganya mengatakan Andrew tidak memiliki riwayat penyakit, apalagi penyakit jantung, hanya saja dia tidak pernah mencoba sambal sepedas itu sebelumnya.

Bulan April 2019, seorang pria bernama Darren Hickey meninggal setelah mencicipi fishcake atau olahan ikan yang super pedas.

Hickey adalah wedding planner, yang tengah mencoba makanan untuk pesta pernikahan yang ditanganinya.

Menurut dokter yang menanganinya, setelah menyantap makanan itu, Hickey mengatakan tenggorokannya terbakar dan merasakan sakit, lalu kesulitan menelan, karena rasa sakit itu, setelah itu tenggorokannya membengkak, membuat kesulitan menelan hingga bernapas.

Dan nyawa Hickey pun tidak bisa tertolong.

 Baca Juga: Lain Kali Waktu Makan Sahur, Lakukan 7 Tips Berikut Ini untuk Cegah Asam Lambung Naik Supaya Puasa Ramadhan Lancar, Salah Satunya Hindari Makanan Pedas

 Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tidak Hanya Makanan Pedas, Ini Dia!

 

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

 

 

Sumber: intisari-online.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan