Setelah 2 Tahun Terkendala Pandemi, Jakarta Dragon Boat Festival Ke-4 2022 Kembali Dihelat

  • Bagikan

 

Suaraflores.net - Setelah dua tahun terkendala pandemi, Jakarta Paddle Club bekerja sama dengan Klub Dayung Bahtera kembali menyelenggarakan Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) ke-4 2022.

Kejuaraan dayung Dragon Boat dengan skala internasional tersebut akan diadakan pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di Ancol Beach, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Salah satu event kejuaraan olahraga air tahunan terbesar kali ini akan memperebutkan hadiah uang tunai total senilai Rp135.000.000,- dan dibagi dalam 5 kategori, yaitu Kategori Umum, Kategori Putra, Kategori Putri, Kategori Campuran dan Undangan Pelajar.

Setiap tim yang beranggotakan 12 orang dalam satu perahu akan menempuh jarak sepanjang 250 meter.

Event kejuaraan menerapkan standar keselamatan dan protokol kesehatan secara ketat.

Selain lomba, dalam festival ini juga akan diadakan bazaar, games, pertunjukan budaya dan musik, serta berbagai aktivitas menarik lainnya.

Perhelatan Jakarta Dragon Boat Festival ke-4 2022 didukung oleh Hong Kong Economic Trade Office yang telah menjadi Sponsor Platinum sejak event ini pertama kali diadakan pada tahun 2017 hingga penyelenggaraan di tahun ini.

Tradisi kuno lebih dari 400 tahun lalu ini sekarang telah menjadi olahraga air yang popular di berbagai negara karena menggabungkan unsur prestasi, pendidikan dan rekreasi, serta dapat diikuti oleh pemula dari semua umur dengan kemahiran amatir.

Olahraga dayung Dragon Boat mengandalkan kerja sama tim dan menjunjung tinggi nilai keberagaman, gotong royong, persatuan dan sportivitas.

Menurut Wibowo Suseno Wirjawan, Pengurus PODSI DKI, penyelenggaraan Jakarta Dragon Boat Festival Ke-4 2022 diharapkan akan makin memajukan olahraga dayung Dragon Boat di Tanah Air dan mencetak lebih banyak bibit-bibit atlet terbaik, serta memberi dampak positif bagi lingkungan karena bertujuan membangun kesadaran dan konstribusi masyarakat atas kondisi perairan di Indonesia.

Beliau juga mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan klub dan komunitasnya, guna ikut meramaikan perayaan JDBF ke-4.

Klub Dayung Bahtera berdiri pada tahun 2006, yang awal pendiriannya bertujuan untuk mencari dan melatih bibit-bibit muda sebagai atlet di bawah pengawasan Pengprov PODSI DKI.

Resmi terdaftar pada 2016, Klub Dayung Bahtera kemudian bertanggung jawab dalam proses pendidikan dan pelatihan atlet muda untuk mewakili DKI Jakarta dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional.

Hingga saat ini, Klub Dayung Bahtera telah mencetak atlet-atlet muda berprestasi yang sudah bertanding dan memenangkan berbagai kejuaraan bergengsi seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

Klub Dayung Bahtera merupakan rekan penyelenggara Jakarta Dragon Boat Festival.

Jakarta Paddle Club (JPC) berdiri pada tahun 2014 dengan misi untuk mempromosikan olahraga dayung Dragon Boat, Stand Up Paddle, dan kano kepada masyarakat dan komunitas yang luas.

JPC bersifat sosial dan kompetitif, berbasis semangat komunitas yang menjunjung tinggi keberagaman dan sikap saling menghormati dalam menjalani gaya hidup aktif dan sehat baik di air maupun di daratan.

Melalui kegiatan olahraga, JPC juga bertujuan untuk membangun kesadaran menjaga alam dan lingkungan dalam kegiatan program pembersihan pantai.

Jakarta Paddle Club merupakan pendiri dan rekan penyelenggara Jakarta Dragon Boat Festival.

 

 

 

Sumber: intisari-online.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan