SMRC: PDIP Raih 23,7 Persen Suara Jika Pemilu Digelar Hari Ini, Gerindra Kedua

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP akan menempati posisi teratas perolehan suara jika digelar hari ini. Hal ini terlihat dalam survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dalam survei itu dipaparkan, PDIP mendapat dukungan terbesar 23,7 persen. Sementara di bawahnya ada Gerindra dengan 9,2 persen Golkar 8,3 persen, PKB 6,2 persen, Demokrat 5,7 persen, PKS 2,5 persen, dan NasDem 2 persen.

"PDIP mengalami tren kenaikan dibanding Pemilu 2019 yang mendapat 19,3 persen dan naik menjadi 23,7 persen," ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam konferensi pers secara daring pada Kamis, 9 Juni 2022. 

Sementara untuk Golkar dan Gerindra, Deni menyebut elektabilitas kedua partai tidak mengalami kenaikan atau perubahan. Bahkan, menurut Deni, elektabilitas kedua partai cenderung menurun.

"Begitu juga partai lain di parlemen tidak mengalami kemajuan, PPP dan PAN juga demikian, hanya PDIP yang hanya mengalami kemajuan dibandingkan 2019," kata Deni.

Untuk partai yang elektabilitasnya di bawah 1 persen, Deni menyebut partai-partai tersebut diprediksi tidak masuk dalam parlemen. Seperti misalnya Perindo, PSI, hingga Hanura.

Dalam survei yang dilakukan 10-17 Mei 2022 ini, SMRC melakukan wawancara dengan 1.220 responden yang dipilih secara acak. Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung. Adapun margin of error pada survei SMRC ini sebesar 3,07 persen. 

M JULNIS FIRMANSYAH

Baca: SMRC: Ganjar Pranowo Salip Prabowo dan Ungguli Anies dalam Survei Pilpres 2024

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan