Ditawari Gabung Koalisi Semut Merah, NasDem: Rakernas Dulu

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan Sejahtera sepakat membentuk koalisi yang sementara yang disebut Koalisi Semut Merah. Kedua partai tersebut masih membuka peluang bagi partai lain untuk memenuhi Presidential Threshold, termasuk kepada Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan, partainya belum menentukan arah koalisi. Menurut dia NasDem akan mengadakan rapat kerja nasional (rakernas) lebih dulu. “NasDem terlebih dahulu akan melaksanakan rakernas tanggal 15-17 juni 2022,” ujarnya saat dihubungi, Jumat, 10 Mei 2022.

Menurut Plate agenda Rakernas NasDem membahas rekomendasi calon presiden sebanyak 3-4 orang untuk disodorkan kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Kemudian, kata Johnny, Paloh akan memilih satu orang calon presiden dan baru membicarakan koalisi.

Rakernas direncanakan digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Beberapa pertemuan akan dilangsungkan terbuka dan disusul dengan jumpa pers. “Untuk memilih satu orang capres definitif dan membicarakan dengan calon partai koalisi dalam rangka membentuk Koalisi Capres 2024,” katanya.

Kemarin, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi menyatakan bersama PKB membuka peluang bagi partai lain untuk bergabung ke Koalisi Semut Merah. Menurutnya perlu satu partai lagi untuk bisa mengusung calon presiden sebagaimana yang diatur ambang batas di parlemen. “Kita siap dengan NasDem, kita siap Demokrat, kita siap dengan yang lain,” ujarnya saat ditemui di Media Center DPR RI, Kamis, 9 Juni 2022.

PKS memiliki 50 kursi di DPR RI dan PKB memiliki 58 kursi. Untuk memenuhi Presidential Threshold, setidaknya perlu memiliki 115 kursi gabungan oleh partai koalisi. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut istilah Koalisi Semut Mera bakal resmi terbentuk dengan PKS.

Sebutan tersebut tercetus saat diskusi virtual dengan Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi pada Senin, 6 Juni 2022. “Makanya saya bilang Koalisi Semut Merah supaya gigitanya terasa. Meskipun kecil, kita bisa mengusung ke mana-mana. Dan semut juga simbol rakyat, simbol masyarakat,” kata Jazilul.

FAIZ ZAKI

Baca Juga: Koalisi PKS-PKB Disebut Semut Merah, Jazilul: Simbol Rakyat

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan