Prabowo Bertemu Menteri Pertahanan AS, Bahas Strategi Indo-Pasifik

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd James Austin III di Singapura, Jumat, 10 Juni 2022. Dalam pertemuan tersebut keduanya membahas beberapa isu pertahanan dan keamanan dunia, salah satunya soal US-Indo-Pacific Strategy alias Strategi Indo-Pasifik AS.

Prabowo menyampaikan apresiasi atas dukungan Amerika Serikat bagi ASEAN yang kuat dan mandiri dengan mendorong Strategi Indo-Pasifik AS. Ia pun berharap Amerika Serikat dapat memperluas kerja sama bilateral di seluruh Asia Tenggara.

“Dengan fokus pada upaya memperkuat keamanan kesehatan, mengatasi tantangan maritim, meningkatkan konektivitas, dan memperdalam hubungan antar masyarakat,” kata Prabowo dalam keterangan tertulis, pada hari yang sama.

Dikutip dari laman Gedung Putih, Strategi Indo-Pasifik adalah upaya pemerintahan Presiden Joseph Biden untuk memperkuat posisi Amerika Serikat di kawasan Indo Pasifik. Fokusnya yaitu dengan kerja sama yang berkelanjutan dengan sekutu, mitra, dan institusi di kawasan ini.

Lalu, Amerika Serikat akan menjadikan kawasan ini menjadi bebas dan terbuka, terhubung, sejahtera, aman, dan bisa beradaptasi. Dari kelima poin ini, salah satu strategi yang diterapkan adalah Amerika Serikat adalah memperdalam lima aliansi mereka di kawasan, yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan, Filipina, dan Thailand.

Lalu, Amerika Serikat juga memperkuat hubungan dengan sejumlah mitra utama di kawasan. Mulai dari Indonesia, Malaysia, Mongolia, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Kepulauan Pasifik.

Lebih lanjut, pertemuan dengan Lloyd Austin dilakukan karena Prabowo hadir di Singapura untuk berbicara di International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022. Ini merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Kepada Lloyd Austin, Prabowo pun menekankan kembali pentingnya Amerika Serikat sebagai sebagai teman dekat dan negara mitra pertahanan di kawasan Asia Pasifik. Hal ini, kata dia, juga telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo maupun Joseph Biden,

"Keduanya menggarisbawahi pentingnya kemitraan strategis AS-Indonesia pada acara G20 di Italia November 2021 lalu," kata Prabowo.

Di sisi lain, Prabowo juga tak hanya bertemu dengan Lloyd Austin. Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen pada hari yang sama. Ketua Umum Partai Gerindra ini pun juga dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan