Ini Rute Iring-Iringan Mobil Jenazah Eril Putra Ridwan Kamil

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Jenazah Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akan dimakamkan pada Senin pagi, 13 Juni 2022. Sejumlah warga disebut akan memberikan penghormatan terakhir dengan berdiri di pinggir jalan yang akan dilalui oleh rombongan.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Jawa Barat Wahyu Mijaya menyatakan rombongan akan berangkat dari Gedung Pakuan menuju pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada pukul 09.00 WIB. Dia pun meminta maaf jika iring-iringan rombongan menyebabkan kemacetan.

Wahyu juga merincikan rute yang akan digunakan. “Rute yang akan digunakan dari Gedung Pakuan ke Wastukencana, kemudian Tol Pasteur keluar Soroja. Kemudian langsung mengarah ke Cimaung. Oleh karena itu mohon berkenan bagi warga yang ada disekitaran rute tersebut dapat mengantisipasi dan dapat juga menggunakan jalur-jalur alternatif jika terjadi kemacetan-kemacetan. Kami mohon maaf jika ada warga yang terdampak rencana pemakaman ini,” kata dia Sabtu, 11 Juni 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi menyatakan bahwa sejumlah siswa akan melepas pemuda bernama panjang Emmeril Kahn Mumtadz itu menuju tempat peristirahatan terakhirnya. Dedi berpesan agar mereka tertib.

"Kami mendapatkan aspirasi dari forum siswa, komunitas pelajar maupun organisasi yang hendak mendoakan Eril. Mereka akan berdiri di sejumlah titik dalam rute yang akan dilalui jenazah Eril menuju makam," kata Dedi di Bandung, Ahad, 12 Juni 2022.

"Dan mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah," kata dia.

Dedi menilai sosok Eril patut menjadi panutan bagi seluruh siswa dan siswi. Baik secara akademik maupun pribadi, menurut dia, Eril merupakan teladan.

"Sehingga kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk aman," ujar dia.

Eril meninggal setelah hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Dia ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022, pukul 06.50 waktu setempat di Bendungan Engehalde, sekitar enam kilometer dari titik dia dinyatakan hilang.

Polisi Bern memastikan jenazah itu adalah Emmeril Kahn Mumtadz setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang menuju Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022.

Jenazah Eril bersama Ridwan Kamil terbang ke Indonesia pada Sabtu pagi, 11 Juni 2022 waktu Swiss. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad sore, 12 Juni 2022 dan langsung menempuh jalan darat menuju Bandung.

Sesampainya di Bandung, jenazah Eril disemayamkan di Gedung Pakuan yang merupakan rumah dinas Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil dan keluarga sempat membuka akses kepada masyarakat untuk mendoakan dan menyalatkan Eril pada malam tadi hingga pagi ini.

Baca: Masyarakat Sambut Jenazah Eril Di Bawah Terpaan Hujan, Wagub Jabar Terharu

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan