Interpol Cabut Yellow Notice Emmeril Kahn Mumtadz

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Sekretariat National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia akan mengirimkan permohonan pencabutan Yellow Notice atas Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Ridwan Kamil, yang telah ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022. Eril, sapaan Emmeril, ditemukan dalam kondisi meninggal setelah sempat hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss, sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Sekretaris NCB Interpol Polri Brigjen Amur Chandra mengatakan secara faktual Yellow Notice telah ditutup ketika objek pencarian telah ditemukan.

"Ya secara faktual karena korban sudah ditemukan Yellow Notice pasti sudah tidak lagi diperlukan. Tapi secara administrasi perlu ditindaklanjuti secara resmi dari Polri," kata Amur, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.

Amur menyakan pihaknya akan bersurat kepada Kantor Pusat Interpol di Lyon, Perancis, untuk menutup Yellow Notice tersebut.

"Karena kami akan segera kirim dengan fakta surat itu sudah ditemukan, karena jawaban dari Kepolisian Swis, Interpol Swiss, kami juga sudah terima kalau itu (Eril) memang sudah ditemukan," terang Amur.

"Secara formal kami sudah bicara, mereka (kepolisian Swis) juga sudah bisa sama kami. Jadi untuk tertib administrasi kami tindaklanjuti hari kerja (Senin)," katanya.

Sebelumnya Polri meminta Interpol menerbitkan Yellow Notice atas hilangnya Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Penerbitan pemberitahuan itu dilakukan karena ada kemungkinan Eril melintas ke negara selain Swiss.

Pencarian terhadap jenazah Eril akhirnya dihentikan setelah penemuan sosok jenazah di Bendungan Engehalde pada Rabu, 8 Juni 2022. Polisi Bern memastikan jenazah tersebut adalah Emmeril Kahn Mumtadz setelah melakukan tes DNA.

Ridwan Kamil langsung terbang ke Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022. Dia sempat menemui seorang guru SD yang menemukan jenazah Eril saat akan berangkat kerja.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, lantas pulang membawa jenazah Eril pada Sabtu, 11 Juni 2022. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad sore, 12 Juni 2022 dan langsung menempuh perjalanan darat menuju Bandung.

Jenazah Eril sempat disemayamkan di Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jawa Barat, pada Ahad malam hingga pagi ini. Emmeril Kahn Mumtadz rencananya akan dimakamkan pada pagi ini di pemakaman keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Baca: Warga Padati Jalan Menuju Lokasi Pemakaman Eril

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan