Jenazah Eril Tiba, Sejumlah Warga Mencoba Menerobos ke Komplek Pemakaman

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Bandung - Ambulan yang membawa jenazah Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tiba di komplek Pemakaman di Desa Geger Baes, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada pukul 10.56 WIB. Sejumlah warga yang tak bisa masuk ke dalam komplek mencoba menerobos masuk ke dalam komplek.

Berdasarkan pantauan Tempo, warga yang telah menunggu sejak pagi langsung menyambut iring-iringan kendaraan denganteriakan lantunan tasbih. Warga berkerumun di pintu masuk lahan pemakaman yang dijaga petugas.

Hanya undangan dan pihak keluarga yang diperbolehlan masuk ke makam. Sebagian warga melihat dari ujung pagar. Namun ada pula warga yang memaksa masuk dengan menerobos di areal persawahan yang berada di samping kompleks pemakaman.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri dan kedua adik Eril terlihat berada di dalam mobil anbulan. Sebagian keluarha sudah tiba di areal pemakaman satu jam sebelumnya. Makcik, ibunda Ridwan Kamil sudah lebih dulu tiba sejam sebelumnya.

Ridwan Kamil menggendong Azka saat mengiringi peti ejnazah Eril yang dipanggul 10 aparat Brimob. Azan dikumandangkan saat jenazah tiba di areal makam yang berada di bagian sudut laham pemakaman.

Sebelumnya rombongan berangkat dari Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jawa Barat, pada pukul 09.00 WIB. Rombongan tampaknya terhambat arus lalu lintas yang cukup padat.

Sejumlah warga masyarakat memang tampak telah berkumpul di pinggir jalan yang akan dilintasi oleh rombongan. Mereka ingin memberikan penghormatan terakhir kepada pemuda berusia 22 tahun dengan nama lengkap Emmeril Kahn Mumtadz tersebut.

Jenazah Eril sebelumnya disemayamkan di Gedung Pakuan sejak Ahad malam, 12 Juni 2022. Keluarga Ridwan Kamil telah memberikan akses kepada masyarakat untuk mendoakan dan menyalatkan Eril sejak tadi malam hingga pagi tadi.

Keluarga juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin melakukan ziarah kubur setelah prosesi pemakaman selesai. Pemakaman Eril akan dibuka untuk umum hingga sepekan ke depan.

Eril hanyut di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde, sekitar enam kilometer dari titik dia dinyatakan hilang, pada Rabu, 8 Juni 2022. Jenazah Eril ditemukan oleh seorang guru yang sedang berjalan menuju tempat kerjanya.

Polisi Bern memastikan jenazah itu adalah Emmeril Kahn Mumtadz setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang ke Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022.

Sebelum pulang ke Indonesia, Ridwan Kamil sempat menemui guru yang menemukan jenazah putranya. Dia pun terbang bersana jenazah Eril pada Sabtu pagi, 11 Juni 2022 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad kemarin. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, jenazah Eril dibawa menuju Bandung menggunakan jalan darat.

AHMAD FIKRI|RAHMA DWI SAFITRI

Baca: Polisi Saring Pengunjung yang Akan Masuk ke Area Pemakaman Eril

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan