Mahathir Mohamad Akan Hadir di Rakernas Nasdem

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan hadir di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasional Demokrat atau Nasdem yang akan digelar pada 15-17 Juni 2022.

"Iya, jadi ya Pak Mahathir (datang)," ujar Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik NasDem Charles Meikyansyah saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Senin, 13 Juni 2022.

Charles enggan menjelaskan lebih lanjut alasan NasDem mengundang Mahathir. "Nanti siang di konferensi pers ya," tuturnya.

Berdasarkan sejumlah informasi yang diperoleh Tempo, Mahathir rencananya akan hadir pada acara penutupan Rakernas, 17 Juni 2022.

Salah satu agenda utama Rakernas Nasdem ini adalah menghasilkan beberapa nama calon presiden atau capres yang akan diusung Partai NasDem bersama koalisi di Pilpres 2024

Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) diperbolehkan mengajukan usulan sebanyak tiga hingga lima nama calon presiden untuk dipertimbangkan oleh Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh. Semua aspirasi akan ditampung.

"Setelah itu, panitia pengarah akan mengkristalkan hanya menjadi tiga nama untuk diserahkan ke ketua umum. Selanjutnya ketua umum diberi mandat untuk melakukan lobi membangun koalisi dan pada saatnya mengumumkan calon presiden NasDem bersama mitra koalisi," ujar Hermawi saat dihubungi, Jumat, 10 Juni 2022.

Menurut Hermawi, banyak nama kandidat yang sudah disebut DPW, baik dari kader internal maupun tokoh di luar partai.

"Nama yang disebut-sebut ketua DPW sih banyak, yang survei-survei tinggi itu disebut ada Anies, Ganjar, Khofifah, Andika Perkasa, Erick Thohir, dan lain-lain. Tapi kan (semua nama itu) baru menjadi usulan resmi nanti 15-17 Juni," ujar Hermawi.

Selain calon di luar partai, Hermawi juga menyebut beberapa kader internal yang berpotensi diusulkan seperti Rachmat Gobel, Siti Nurbaya, Johnny G. Plate, Syahrul Yasin Limpo, dan Lestari Moeridjat. Hermawi tidak merinci dari mana saja usulan nama tersebut berasal.

Ketua DPW NasDem Aceh, Teuku Taufiqulhadi memastikan wilayah pimpinannya akan mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Kami akan membawa nama Anies. Belum berubah," ujar Taufiqulhadi kepada Tempo, Ahad malam, 12 Juni 2022.

Selain Aceh, Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustopa juga sudah sejak lama blak-blakan menyatakan di berbagai media bahwa daerahnya akan mendukung Anies Baswedan. Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu NasDem Wilayah Jawa 1, Effendy Choirie menyebut Banten dan DKI Jakarta juga bakal mengusulkan nama Anies.

"Aspirasi dari DKI dan Banten ya pasti Anies, karena aspirasi dari rakyat bawah yang diserap oleh struktur partai, mayoritas mendukung Anies. Aspirasi itu akan disampaikan oleh DPW NasDem DKI dan Banten dalam sesi penyampaian aspirasi usulan bakal calon presiden," ujar pria yang akrab disapa Gus Choi itu, Jumat, 10 Juni 2022.

Baca: Anies Baswedan Dilirik Nasdem dan PKB, Relawan Beberkan Prestasinya

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan