Masyarakat Sambut Jenazah Eril Di Bawah Terpaan Hujan, Wagub Jabar Terharu

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Penyambutan jenazah Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, oleh masyarakat pada Ahad malam, 12 Juni 2022, membuat Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzanul Ulum, terharu. Dia menilai Eril sebagai sosok yang dicintai masyarakat sehingga rela menyambutnya di bawah terpaan hujan.

"Saya juga merasa terharu masyarakat yang datang sangat luar biasa. Sekali pun tidak masuk ke wilayah Gedung Pakuan tapi di luar banyak sekali. Dan menurut cerita, di sepanjang jalan tol, di jembatan penyeberangan banyak menunggu (warga). Bukan hanya lewat tapi sampai menunggu," kata Uu usai menshalati jenazah Eril di Ruang Kenegaraan Gedung Negara Pakuan Bandung, Ahad, 12 Juni 2022.

Menurut Uu, Gubernur Ridwan Kamil memimpin langsung shalat jenazah Eril. Sejumlah tokoh pun ikut menyalatkan jenazah pemuda bernama panjang Emmeril Kahn Mumtadz tersebut seperti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hingga sejumlah pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tingkat Provinsi Jawa Barat seperti Kapolda Jawa Barat dan Irjen Pol. Suntana dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

"Jadi sangat luar biasa dan para tokoh juga hadir, dan mudah-mudahan doa kita semua diijabah, dan yakin almarhum husnul khatimah," kata dia.

Uu meyakini almarhum Eril adalah sosok anak saleh dan meninggal dalam kondisi syahid. Dia menilai hal itu tak lepas dari didikan Ridwan Kamil.

"Almarhum orang baik saleh syahid, dan ini sebagai bukti kesuksesan Pak Gubernur mendidik anaknya. Karena kalau tidak menjadi anak saleh, menurut saya tidak akan seperti ini," kata dia.

Jenazah Eril disemayamkan di Ruang Kenegaraan Gedung Pakuan Kota Bandung, sejak Ahad malam, 12 Juni 2022. Peti jenazah dikeluarkan dari mobil ambulance yang membawanya dari Bandara Soekarno-Hatta dan digotong oleh anggota TNI melalui pendopo untuk kemudian disemayamkan di Ruang Kenegaraan Gedung Negara Pakuan.

Ratusan warga melantunkan shalawat menyambut jenazah pemuda yang berstatus mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut. Mereka kemudian diberikan akses untuk mendoakan dan menyalatkan Eril sejak malam tadi hingga pagi ini.

Jenazah Eril rencananya akan dikebumikan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin pagi ini, 13 Juni 2022. Jenazah akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan pada pukul 09.00 WIB.

Eril meninggal setelah hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Dia ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022, pukul 06.50 waktu setempat di Bendungan Engehalde, sekitar enam kilometer dari titik dia dinyatakan hilang.

Polisi Bern memastikan jenazah Eril setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang menuju Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022.

Baca: Pemakaman Eril, Ridwan Kamil Persilakan Warga Berziarah

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan