Pemakaman Eril, Ridwan Kamil Persilakan Warga Berziarah

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Tangerang - Pemakaman Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akan dilakukan pada Senin pagi, 13 Juni 2022. Ridwan memastikan akan memperbolehkan warga untuk melakukan ziarah kubur setelah prosesi pemakaman selesai.

Hal itu disampaikan juru bicara keluarga Elpi Nnazmuzzaman saat akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandung pada Ahad, 12 Juni 2022.

"Rencana dari keluarga besok pagi (Senin, 13 Junni 2022) kita akan membawa Eril ke tempat istirahat terakhirnya di tanah dia dibesarkan. Sekira akan fokus diupacara keagamaan keluarga, tapi akan diberikan kesempatan warga juga bisa ziarah kubur," kata Elpi yang merupakan adik kandung Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil sendiri tak banyak berbicara. Dia hanya berterima kasih saat memasuki mobil.

"Terima Kasih, terima kasih, terima kasih," kata Ridwan kami sembari membungkukan badannya diikuti oleh istrinya, Atalia Praratya, yang juga ikut membukukan badan dengan raut wajah menangis.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah menyatakan bahwa prosesi pemakaman jenazah Eril diprioritaskan untuk keluarga. Mereka meminta masyarakat untuk tak ikut ke pemakaman karena kondisi lokasi yang memiliki keterbatasan.

Masyarakat nantinya diperbolehkan melakukan ziarah kubur setelah prosesi pemakaman usai. Komplek pemakaman keluarga Ridwan Kamil akan dibuka untuk umum hingga sepekan ke depan.

Eril meninggal setelah hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Dia ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022, pukul 06.50 waktu setempat di Bendungan Engehalde, sekitar enam kilometer dari titik dia dinyatakan hilang.

Polisi Bern memastikan jenazah itu adalah Emmeril Kahn Mumtadz setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang menuju Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022.

Jenazah Eril bersama Ridwan Kamil terbang ke Indonesia pada Sabtu pagi, 11 Juni 2022 waktu Swiss. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad sore, 12 Juni 2022 dan langsung menempuh jalan darat menuju Bandung.

Sesampainya di Bandung, jenazah Eril disemayamkan di Gedung Pakuan yang merupakan rumah dinas Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil dan keluarga sempat membuka akses kepada masyarakat untuk mendoakan dan menyalatkan Eril pada malam tadi hingga pagi ini.

Pemakaman Eril rencananya akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Jenazah akan dibawa ke pemakaman keluarga Ridwan Kamil di Cimaung, Kabupaten Bandung.

Baca: Melayat Eril, Ganjar PraMelayat Eril, Ganjar Pranowo Sampaikan Duka Cita

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan