Pemakaman Eril, Ridwan Kamil Serok Tanah ke Liang Lahat Putranya

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Prosesi pemakaman Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berlangsung dengan khidmat. Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menjadi orang pertama yang menaburkan tanah ke liang lahat putra sulungnya tersebut, Senin, 13 Juni 2022.

Jenazah Eril tiba di komplek pemakaman keluarga Ridwan Kamil di Kampung Geger Beas, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, sekitar pukul 11.00 WIB. Rombongan pengantar jenazah disambut ribuan warga yang menunggu di depan pintu masuk komplek.

Peti jenazah Eril diboyong oleh sejumlah anggota Brimob Polda Jawa Barat ke dalam komplek pemakaman. Lantunan shalawat tauhid mengiringi pemakaman Eril. Kumandang adzan juga diperdengarkan di lokasi pemakaman.

Ridwan Kamil, istrinya Atalia Praratya, anak perempuan serta putra bungsunya tampak duduk di depan liang lahad Eril. Hadir pula ibu kandung Ridwan Kamil, Tjutju Sukaesih.

Seusai azan dikumandangkan, Atalia membuka kain hijau penutup peti jenazah putranya. Setelah itu Ridwan Kamil berdiri dan menyerok tanah untuk dimasukkan ke dalam liang lahat putranya.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat itu terlihat beberapa kali memasukkan pasir ke dalam liang lahat. Kemudian beberapa petugas mulai memasukkan pasir ke dalam liang lahat. Prosesi pemakaman itu pun selesai pada sekitar pukul 11.40 WIB.

Sebelum dibawa ke pemakaman, jenazah Eril sempat disemayamkan di Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jawa Barat, pada Ahad malam kemarin hingga pagi tadi. Pihak keluarga membuka akses kepada seluruh masyarakat untuk mendoakan dan menyalatkan secara langsung pemuda bernama panjang Emmeril Kahn Mumtadz itu.

Eril hanyut di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde, sekitar enam kilometer dari titik dia dinyatakan hilang, pada Rabu, 8 Juni 2022. Jenazah Eril ditemukan oleh seorang guru yang sedang berjalan menuju tempat kerjanya.

Polisi Bern memastikan jenazah itu adalah Emmeril Kahn Mumtadz setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang ke Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022.

Sebelum pulang ke Indonesia, Ridwan Kamil sempat menemui guru yang menemukan jenazah putranya. Dia pun terbang bersana jenazah Eril pada Sabtu pagi, 11 Juni 2022 dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad kemarin. Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, jenazah Eril dibawa menuju Bandung menggunakan jalan darat.

Selain oleh keluarga, Prosesi pemakaman Eril diikuti oleh sejumlah pejabat tingkat nasional maupun daerah Jawa Barat. Keluarga Ridwan Kamil juga memperbolehkan masyarakat melakukan ziarah setelah pemakaman selesai. Mereka akan membuka akses komplek tersebut hingga sepekan ke depan.

Baca: Jenazah Eril Tiba, Sejumlah Warga Mencoba Menerobos ke Komplek Pemakaman

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan