Polisi Saring Pengunjung yang Akan Masuk ke Area Pemakaman Eril

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Kepala Polresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo menyatakan aparat keamanan akan menyaring pengunjung yang hendak masuk ke area pemakaman Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Desa Geger Beas, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Sebanyak 186 personel yang meliputi petugas kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan diturunkan untuk mengamankan prosesi pemakaman yang berlangsung pagi ini, Senin, 13 Juni 2022.

"Kami bersama petugas Pemprov Jabar mengotorisasi yang diperbolehkan masuk atau tidak dengan identitas yang ada," kata Kusworo di area pemakaman, Senin, 13 Juni 2022.

Kusworo menyatakan 186 personel yang berasal dari Polisi, TNI, Dinas Perhubungan hingga Satuan Polisi Pamong Praja telah siaga sejak pukul 06.00 WIB. Dia menyatakan pengamanan dilakukan di sejumlah titik.

"Untuk penjagaan yang pertama adalah rute dan pertigaan perempatan, pada saat akan pelaksanaan perjalanan, kemudian di lokasinya juga kami siapkan di pintu utama. Di mana yang boleh masuk ke area pemakaman adalah yang memiliki stiker khusus yang disediakan Pemprov Jabar," kata dia.

Menurut dia, petugas keamanan menjaga semua akses masuk ke lokasi pemakaman serta lapangan sepak bola tak jauh dari pintu masuk area makam yang dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan.

"Di lokasi area parkir di lapangan bola kami siapkan personel keamanan juga, dan juga di pertigaan Hanjuang, serta di dalam area parkiran, di dalam juga kami siapkan," ujarnya.

Eril dimakamkan di pemakaman keluarga Ridwan Kamil. Kang Emil, sapaan Ridwan, rencananya akan membangun sebuah masjid bernama Al Mumtadz di lokasi itu, yang diambil dari nama sang anak Emmeril Kahn Mumtadz.

Eril meninggal setelah sempat hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022. Jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde, sekitar 6 kilometer dari titik dia dinyatakan hilang, pada Rabu, 8 Juni 2022. Jenazah Eril ditemukan oleh seorang guru yang sedang berjalan kaki menuju lokasi tempatnya bekerja.

Polisi Bern memastikan identitas jenazah itu setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang ke Swiss pada Kamis, 9 Juni.

Sebelum kembali ke Indonesia, Ridwan Kamil sempat menemui guru yang menemukan jenazah anaknya. Dia pun pulang membawa jenazah Eril pada Sabtu pagi, 11 Juni 2022, waktu setempat.

Ridwan Kamil dan jenazah Eril tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad sore kemarin. Mereka lantas menuju Bandung menggunakan jalan darat.

Jenazah Eril kemudian disemayamkan dan dishalatkan di Gedung Pakuan di Kota Bandung. Pemakaman Eril dilaksanakan pagi ini. Pihak Keluarga Ridwan Kamil menyatakan akan mempersilakan masyarakat untuk melakukan ziarah setelah prosesi pemakaman selesai. Pemakaman keluarga itu akan dibuka untuk umum hingga sepekan ke depan.

Baca: Pemakaman Eril, Dinas Bina Marga Kerahkan 50 Tenaga Harian Lepas Sejak Sabtu

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan