Isu Reshuffle Kabinet, Puan: PDIP Kayaknya Masih Aman

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan belum menerima kabar soal reshuffle kabinet bakal menyasar menteri dari partainya. Dia mengatakan hanya memantau informasi dari media soal perkembangan isu tersebut.

“Sampai hari ini gak ada kabarnya, jadi kayaknya masih aman,” ujar Puan Maharani saat ditemui di Kantor KPU, Selasa, 14 Juni 2022.

Puan Maharani menyerahkan keputusan reshuffle kabinet sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab perombakan posisi menteri di Kabinet Indonesia Maju adalah hak prerogatif presiden.

Sejauh ini, kata Puan, dia mengungkapkan belum mendengar ada pergeseran atau pergantian Menteri-menteri asal PDIP oleh Jokowi. Maka dia menafsirkan sementara ini jatah menteri untuk PDIP tidak berubah. “Gak ada kabar artinya aman,” ujarnya.

Hari ini isu reshuffle makin menguat setelah Partai Amanat Nasional (PAN) disebut akan masuk ke lingkaran menterinya Jokowi. Pasalnya Ketua Umum PAN tampak datang ke Istana Kepresidenan.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto dan Ketua DPP PAN Bima Arya membenarkan bahwa Zulhas dipanggil ke istana sekitar magrib tadi. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menebak-nebak bahwa kemungkinan ketua umumnya diminta membantu Jokowi di kabinet sebagai Menteri Perdagangan.

"Kalau saya diminta menebak, Mendag. Mudah-mudahan tebakannya pas," ujar Eddy lewat pesan singkat, Selasa, 14 Juni 2022.

Seorang sumber di Istana sebelumnya memastikan Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle dalam bulan ini. Sumber itu menyebut beberapa menteri akan dicopot dan ada menteri yang akan digeser dari jabatan semula ke posisi lain. Sumber tersebut juga menyebut Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan akan masuk kabinet, meski dia belum memastikan posisi apa yang akan ditempati Zulkifi.

Presiden Jokowi hari ini memanggil sejumlah menterinya ke istana. Pada siang hari, Jokowi bertemu Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Lalu ada juga dua menteri dari Partai NasDem yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Syahrul keluar lebih awal dan enggan berkomentar soal reshuffle. "Aku kerja aja, ada Allah SWT yang mengatur segalanya," kata dia.

Syahrul hanya menyebut rapat ini membahas soal pangan, salah satunya terkait ekspor beras. Setelah Sofyan, Airlangga dan Siti kelar belakangan tapi langsung masuk ke mobilnya.

Barulah setelah itu, berturut-turut datang eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra. Tak satupun mengkonfirmasi kehadirannya terkait reshuffle.

Hadi tak bicara banyak apakah pemanggilannya berkaitan dengan reshuffle kabinet. "Wah enggak tahu siapa ya, saya hanya dipanggil enggak tahu apa itu," kata dia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi juga dipanggil Jokowi. Belum diketahui kapan dia datang ke Istana karena hanya terpantau keluar dan langsung masuk ke mobilnya.

 

Baca juga:

Mayoritas Masyarakat Dukung Presiden Jokowi Untuk Reshuffle Kabinet

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan