Kata Sekjen NasDem soal Menterinya Diisukan Kena Reshuffle

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny Gerard Plate angkat bicara soal isu menteri dari partainya bakal terkena reshuffle kabinet. Jokowi telah memanggil sejumlah menteri, dua di antaranya kader Partai NasDem yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

"Hehehe, reshuffle kabinet sepenuhnya domain Presiden, sebaiknya kita semua mendukung hak prerogative presiden tersebut. Serahkan saja pada bapak Presiden," ujar Johnny saat dihubungi Tempo, Selasa, 14 Juni 2022.

Johnny menjelaskan, semua kader NasDem di pemerintahan saat ini fokus bekerja dan sebisa mungkin tak terpengaruh oleh isu reshuffle. Selain itu, Johnny memastikan NasDem bakal mendukung apapun keputusan Jokowi, apa lagi di tengah krisis saat ini.

"Spekulasi spekulasi yang beredar saat ini hanya akan mengganggu soliditas nasional dan tidak bermanfaat di saat di mana kita semua perlu menjaga soliditas sebagai kekuatan besar bangsa," kata Johnny.

Adapun kader NasDem yang saat ini duduk di kursi menteri adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate.

Sebelumnya, seorang sumber di Istana menyebut Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat. Namun sumber tersebut belum bisa memastikan apakah reshuffle akan dilakukan pada 15 Juni seperti spekulasi yang beredar. Ia hanya menyebut beberapa menteri akan dicopot dan ada menteri yang akan digeser dari jabatan semula ke posisi lain. Sumber tersebut juga mendapat informasi kemungkinan salah satu menteri dari Partai NasDem yang akan digeser.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya juga enggan memberi konfirmasi soal kabar reshuffle digelar 15 Juni 2022. Pratikno tidak membantah, namun juga tidak membenarkan kabar reshuffle itu. Dia hanya mengatakan, jika ada jadwal bakal dibocorkan demi sedikit. "Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit," kata Pratikno, Kamis pekan lalu.

Pratikno juga enggan memberi bocoran pos menteri kabinet Jokowi yang akan dirombak. Namun, ia memberi kode bahwa pemerintah saat ini perlu bekerja cepat menyelesaikan berbagai masalah ekonomi. "Kita kan fokus ini banyak sekali permasalahan yang harus ditangani secara cepat. Ekonomi global. Sangat dinamis. Kita harus sangat responsif," kata dia.

M JULNIS FIRMANSYAH 

Baca: Akui Dipanggil Jokowi Bahas Reshuffle, Syahrul: Aku Kerja Aja, Allah yang Atur

 
Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan