Dipanggil Jokowi ke Istana, Ini Kata Sofyan Djalil dan Syahrul Yasin Limpo

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri dan tokoh ke Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 14 Juni 2022. Dua diantaranya adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Saat tiba, Sofyan menyatakan tak tahu soal agenda apa yang akan dibicarakan Jokowi. Dia membantah kabar bahwa dirinya akan dicopot pada reshuffle kabinet kali ini.

"Enggak tahu. Agenda Ibu Kota, kali. Agenda PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap), kali," ujarnya saat masuk istana.

Ketika ditanya apakah pemanggilannya terkait dengan isu perombakan kabinet, Sofyan juga tidak memberi jawaban secara tegas.

"Enggak tahu, tunggu aja nanti. Tanya Pak Presiden. Enggak, ada rapat aja, kali," kata Sofyan.

Sementara Syahrul Yasin Limpo bungkam saat masuk ke Istana. Dia juga hanya berkomentar sedikit saat pulang.

"Aku kerja saja, ada Allah SWT yang mengatur segalanya," kata Syahrul.

Selain kedua nama itu, Jokowi juga bertemu dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra hingga eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Pemanggilan menteri dan para tokoh tersebut ditenggarai sebagai bagian dari reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi. Meskipun demikian, pihak istana hingga saat ini belum mengkonfirmasikan soal tersebut.

"Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kemarin.

Kabar soal reshuffle Kabinet Indonesia Maju sebenarnya bukan barang baru. Isu ini sudah beredar sejak satu tahun lalu, tepatnya ketika PAN dinyatakan masuk ke dalam koalisi partai pemerintah.

Pada Maret lalu, sejumlah petinggi PAN menyatakan Jokowi telah meminta mereka menyiapkan kadernya untuk mengisi posisi menteri. Seorang sumber Tempo di istana menyatakan pengumuman reshuffle kabinet akan dilakukan pada Rabu siang ini, 15 Juni 2022.

Baca: Reshuffle Kabinet, Tebakan PAN: Zulkifli Hasan Gantikan Mendag Muhammad Lutfi

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan