Hadi Tjahjanto Akan Jadi Menteri ATR, Berapa Harta Kekayaanya?

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto disebut akan menduduki kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertahanan Nasional. Hadi telah dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Negara pada Selasa kemarin, 14 Juni 2022.

Sumber Tempo di pemerintahan menyatakan Hadi merupakan satu dari dua nama menteri baru di Kabinet Indonesia Maju yang akan diumumkan Jokowi pada Rabu siang ini, 15 Juni 2022.  Satu nama lainnya adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. 

Hadi disebut akan menggantikan posisi Sofyan Djalin sementara Zulkifli menggantikan posisi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hadi terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 7 Juni 2021. Dia melaporkan memiliki kekayaan total Rp 20.565.908.278 saat masih menjabat sebagai Panglima TNI .

Hadi mengaku memiliki jumlah aset dengan total nilai Rp 6,97 miliar. Dia memiliki dua bidang tanah warisan di Kota Malang dengan jumlah Rp 220 juta.

Lalu sebuah bangunan dengan hasil sendiri di Jakarta Selatan bernilai Rp 750 juta. Kemudian dua bidang tanah dan bangunan hasil sendiri yang masing-masing berada di Jakarta Timur dan Malang dengan nilai Rp 6 miliar.

Purnawiran TNI Angkatan Udara itu juga melaporkan sejumlah kendaraan yang dimilikinya. Hadi memiliki koleksi kendaraan roda empat dan dua dengan nilai total Rp 486,45 juta. Adapun rinciannya adalah satu mobil Toyota Kijang Minibus tahun 2004 dengan keterangan hasil sendiri bernilai Rp 85 juta.

Lalu mobil Toyota Kijang Innova tahun 2015 dengan hasil sendiri senilai Rp154 juta dan mobil Honda CR-V Jeep tahun 2009 hasil sendiri dengan nilai Rp 154 juta. Selain itu ada sepeda motor Honda tahun 2002 hasil sendiri dengan nilai Rp 2,45 juta.

Kemudian harta bergerak lainnya tercatat Rp1,905 miliar dan surat berharga yang dimiliki Rp3 miliar. Kas dan setara kas berjumlah Rp8.204.458.278, serta tidak tercatat adanya utang.

Pada laporan tahun sebelumnya periode 2019, Hadi memiliki total kekayaan Rp20.249.498.294. Jumlah tersebut dilaporkan pada 18 Maret 2020 dan terpantau naik Rp316.409.948 pada laporan periode 2021.

Hadi Tjahjanto berpeluang menjadi menteri Jokowi pertama dengan latar belakang TNI AU. Sejak menjadi Presiden Indonesia pada 2014, Jokowi memang kerap mengangkat purnawirawan TNI di dalam kabinetnya, namun sebagian besar berasal dari TNI AD. Nama-nama seperti Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto mengisi nama menteri Jokowi berlatar belakang TNI AD di Kabinet Kerja dan Kabinet Indonesia Maju. Satu-satunya yang berlatar belakang TNI AL adalah Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdjianto.

Baca: Profil Hadi Tjahjanto, Calon Menteri Pertama Jokowi dari TNI AU

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan