Jokowi Disebut Akan Umumkan Reshuffle Kabinet Rabu Siang, Ini Bocorannya

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan mengumumkan reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu, 15 Juni 2022.

"Nanti siang," ujar seorang sumber Tempo di pemerintahan yang tak ingin disebut namanya, Rabu dinihari, Rabu, 15 Juni 2022.

Menurut sumber tersebut, ada dua posisi menteri yang akan diganti, yakni posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional yang semula diisi Sofyan Djalil akan digantikan eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Kemudian, posisi Menteri Perdagangan yang semula diisi Muhammad Lutfi akan digantikan Zulkifli Hasan. Zulkifli merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional. Adapun PAN sudah menyatakan bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah sejak Agustus 2021.

Baik Zulkifi maupun Hadi telah dipanggil ke Istana Kepresidenan, Jakarta oleh Presiden Jokowi, kemarin. Hadi tak bicara banyak saat ditanya kemungkinan pemanggilannya berkaitan dengan reshuffle kabinet. "Wah enggak tahu, saya hanya dipanggil, enggak tahu apa itu," kata dia kepada wartawan, kemarin.

Sementara itu, kehadiran Zulkifli tidak terendus media di istana, kemarin. Namun, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto dan Ketua DPP PAN Bima Arya mengonfirmasi bahwa Zulhas dipanggil ke istana sekitar magrib, kemarin.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menyebut kemungkinan ketua umumnya diminta membantu Jokowi di kabinet sebagai Menteri Perdagangan.

"Kalau saya diminta menebak, Mendag. Mudah-mudahan tebakannya pas," ujar Eddy lewat pesan singkat, Selasa, 14 Juni 2022.

Selain dua menteri itu, sumber Tempo di pemerintahan menyebut akan ada tiga wakil menteri baru yang akan diumumkan dalam reshuffle kabinet hari ini.

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet: Mereka yang Diprediksi Terdepak dan Masuk Kabinet

DEWI NURITA

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan