Jokowi Reshuffle Kabinet, Hadi Tjahjanto: Saya Enggak Ada Persiapan

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Kabar Presiden Jokowi reshuffle kabinet menguat setelah sejumlah menteri dan tokoh dipanggil ke Istana Negara pada Selasa kemarin, 14 Juni 2022. Satu diantara tokoh yang hadir adalah mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Hadi hadir di istana pada Selasa sore. Dia mengaku Jokowi memanggilnya secara mendadak. Dia pun menyatakan tak tahu agenda pertemuan tersebut dan tak memiliki persiapan apa pun karena tengah berolahraga saat menerima panggilan dari presiden.

"Baru saja (dipanggil), makanya saya ngebut," kata Hadi saat tiba di Istana Negara. "Enggak ada persiapan. Ini baru olahraga, langsung lari saya."

Selain Hadi Tjahjanto, Presiden Jokowi juga memanggil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Wakil Menteri Agraria Surya tjandra hingga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Pemanggilan sejumlah menteri dan tokoh ini membuat spekulasi akan terjadi perombakan di Kabinet Indonesia Maju. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menduga kemungkinan ketua umumnya diminta membantu Jokowi di kabinet sebagai Menteri Perdagangan.

"Kalau saya diminta menebak, Mendag. Mudah-mudahan tebakannya pas," ujar Eddy lewat pesan singkat, Selasa, 14 Juni 2022.

Kabar masuknya PAN ke dalam kabinet memang sudah santer terdengan sejak Agustus tahun lalu, saat mereka dipastikan bergabung dengan koalisi partai pemerintah. Pada Maret lalu, sejumlah politikus PAN menyatakan Jokowi telah meminta mereka menyiapkan kadernya untuk mengisi posisi menteri.

Posisi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memang kerap dikabarkan genting. Pasalnya, Lutfi dianggap gagal mengatasi masalah kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng di tanah air dalam beberapa bulan terakhir.

Jokowi pun sempat memberi sinyal bahwa dirinya tak mempercayai Lutfi dengan menyerahkan masalah minyak goreng itu kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Sumber Tempo di Istana menyatakan kabar Jokowi reshuffle kabinet akan dipastikan pada hari ini, rabu, 15 Juni 2022. Presiden disebut akan mengumumkan kocok ulang Kabinet Indonesia Maju.

Baca: Dipanggil Jokowi ke Istana, Ini Kata Sofyan Djalil dan Syahrul Yasin Limpo

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan