Momen-Momen Jokowi Reshuffle Kabinet di Hari Rabu

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Isu reshuffle kabinet semakin menguat dengan dipanggilnya sejumlah menteri dan tokoh ke Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa, 14 Juni 2022. Sejumlah pihak memprediksi kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumumkan perombakan kabinet pada Rabu, 15 Juni 2022.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto mengatakan, bisa saja Jokowi mengumumkan reshuffle pada Rabu ini, kendati ia juga tidak bisa memastikan dan tidak mendapatkan informasi soal nama-nama yang akan terkena reshuffle.

"Kalo Rebo Pahing, ya, masuk, untuk reshuffle bisa. Itu hari baik,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu di sela-sela acara Peluncuran Pemilu 2024, Kantor KPU, Selasa, 14 Juni 2022.

Dalam tanggalan Jawa, 15 Juni 2022 bertepatan dengan Rebo Pahing. Presiden Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle di hari Rabu. Pria asal Solo itu memang terkenal selalu mencari 'hari baik' saat menyampaikan pengumuman penting di kabinet. Dia kerap mengumumkan kebijakan penting di hari weton-nya itu. Rabu merupakan hari weton Presiden Jokowi.

Momen-momen Jokowi melakukan reshuffle kabinet di hari Rabu Pada periode pertama pemerintahannya, Jokowi  melantik enam menteri baru dalam perombakan kabinet pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015 untuk kali pertama. Pejabat kabinet yang dilantik di antaranya menteri koordinator, yakni Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menko Polhukam), Rizal Ramli ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Darmin Nasution menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Hampir setahun berselang, Jokowi kembali merombak jajaran kabinet. Reshuffle Jilid II juga dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada 27 Juli 2016. Saat itu, Jokowi merombak besar-besaran susunan kabinetnya. Setidaknya, Jokowi merombak 13 posisi menteri. Di antaranya, Jokowi memulangkan Sri Mulyani yang sedang menjabat sebagai Direktur Bank Dunia untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Selain itu, Jokowi juga mendepak Anies Baswedan dari posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan menunjuk Muhadjir Effendy sebagai penggantinya.

Selanjutnya, Jokowi melakukan reshuffle ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Saat itu, Khofifah Indar Parawansa mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial karena maju dalam Pilkada Jawa Timur. Jokowi kemudian menunjuk Idrus Marham menggantikan posisi Khofifah. Ia juga menunjuk Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Periode kedua

12 Selanjutnya

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan