Profil Hadi Tjahjanto, Calon Menteri Pertama Jokowi dari TNI AU

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Marsekal TNI (Purnawirawan) Hadi Tjahjanto digadang bakal menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju. Dia merupakan salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara Jakarta, pada Selasa sore kemarin.

Hadi mengatakan Jokowi memanggilnya secara mendadak. Dia mengungkapkan tidak tahu agenda apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

“Baru saja (dipanggil), makanya saya ngebut,” ujarnya saat ditemui di Istana Negara, Selasa, 14 Juni 2022.

Pemanggilan sejumlah menteri dan tokoh ini membuat spekulasi akan terjadi perombakan di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi juga memanggil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Lalu ada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra hingga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Hadi berpeluang menjadi menteri pertama Jokowi yang berlatar belakang perwira TNI AU. Sejak menjadi presiden, Jokowi memang kerap mengangkat sejumlah pensiunan tentara di kabinetnya, namun sebagian besar berasal dari TNI AD. Nama-nama seperti Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto mengisi nama menteri Jokowi berlatar belakang TNI AD di Kabinet Kerja dan Kabinet Indonesia Maju. Satu-satunya yang berlatar belakang TNI AL adalah Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdjianto.

Berdasarkan berbagai informasi yang dirangkum Tempo, Hadi lahir di Malang, 8 November 1963 dengan latar belakang keluarga TNI Angkatan Udara. Ayahnya, Bambang Sudarso, adalah pensiunan TNI AU berpangkat Sersan Mayor dan ibunya bernama Nur Sa’adah adalah seorang ibu rumah tangga.

Dia menikah dengan Nanik Istumawati dan memiliki sepasang putra-putri: Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama. 

Handika meneruskan garis keturunan TNI AU di keluarganya. Dia disebut telah resmi menjadi seorang perwira TNI AU pada 2020 dengan pangkat Letnan Dua Korps Penerbang.

Selanjutnya, karir militer Hadi Tjahjanto

123 Selanjutnya

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan