Profil John Wempi Wetipo: Putra Asli Papua yang Dilantik Jadi Wamendagri

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik John Wempi Wetipo menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri atau Wamendagri di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 15 Juni 2022. Wempi digeser dari jabatan sebelumnya sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dilansir laman resmi Kementerian PUPR, Putra Asli Papua yang akrab dipanggil Wempi ini lahir pada 15 September 1972 di Hulekaima, Maina, Jayawijaya, Papua.

Wetipo mendapatkan gelar Sarjana-nya pada tahun 2011 di Universitas Cenderawasih. Ia lulus sebagai Sarjana Hukum dan bergelar S.H.

Setelah itu ia melanjutkan studi S2 nya di Universitas yang sama dan berhasil lulus pada tahun 2013.

John Wempi Wetipo pernah menjadi Bupati Jayawijaya selama 2 periode sebelum ia menjabat sebagai Wamen PUPR. 

Pada tahun 2008, ia juga pernah mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur Papua dan berpasangan dengan Habel Melkias. Namun ia kalah dari lawannya Lukas Enembe.

Ia mengawali karirnya menjadi PNS di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua pada tahun 1996 sampai 1998. Kemudian dari tahun 1998 sampai 2006 ia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya.

Selain itu ia juga pernah menjadi Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Jayawijaya, Papua pada tahun 2006 sampai 2008 sebelum dirinya terjun ke dunia politik dan berhasil menjadi bupati selama 2 periode.

 
Baca: Profil Raja Juli Antoni: Alumni IAIN yang Kini Jadi Wakil Menteri ATR

RAHMA DWI SAFITRI

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan