Profil Zulkifli Hasan, Calon Menteri Baru Jokowi yang Sempat Tersandung Masalah

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menjadi salah satu tokoh yang mengisi posisi menteri pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju kali ini.  Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto dan Ketua DPP PAN Bima Arya, mengonfirmasi bahwa ketua umumnya itu dipanggil ke istana pada Selasa maghrib, 14 Juni 2022.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menduga kemungkinan ketua umumnya diminta membantu Presiden Jokowi di kabinet sebagai Menteri Perdagangan.

"Kalau saya diminta menebak, Mendag. Mudah-mudahan tebakannya pas," ujar Eddy lewat pesan singkat.

Berikut ini merupakan profil dan perjalanan karier politik dari Zulkifli Hasan:

Zulkifli Hasan lahir di Lampung Selatan pada 17 Mei 1962 atau kini sudah berusia 59 tahun. Zulhas, sebutan akrabnya, menikah dengan Soraya Muhammad Ali dan memiliki empat orang anak.

Mereka antara lain Futri Zulya Savitri yang menikah dengan putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais. Kemudian ada Zita Anjani yang merupakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Rafi Haikal, dan M. Farras Nugraha.

Mengutip dari situs dpr.go.id, Zulhas menempuh pendidikan sejak SD hingga SMP di Lampung. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMA 53 Jakarta pada tahun 1979 - 1982. Zulhas mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Krisnadwipayana pada tahun 1989 - 2001. Ia kemudian menempuh pendidikan Magister Manajemen di Sekolah Tinggi manajemen PPM dan lulus pada tahun 2003. 

Selanjutnya, karir politik Zulkifli Hasan


123 Selanjutnya

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan