Zulkifli Hasan Akan Makan Siang Bareng Jokowi Sebelum Diumumkan Jadi Menteri

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan hadir siang ini di Istana Negara untuk diumumkan menjadi salah satu menteri di kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto menyatakan ketua umumnya itu akan menghadiri acara makan siang bersama presiden terlebih dahulu.

"Bang Zul diundang makan siang bersama Presiden dan para Ketum (koalisi partai pemerintah), setelah itu pelantikan. Saya belum bisa sampaikan posisi menterinya," kata Wali Kota Bogor ini saat dihubungi, Rabu pagi, 15 Juni 2022.

Sumber Tempo di pemerintahan menyebutkan Zulkifli Hasan akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi. Kedua pejabat sudah dipanggil Jokowi ke Istana pada Selasa kemarin, 14 Juni 2022.

Selain Zulkifli, Presiden Jokowi juga memanggil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Wakil Menteri Agraria Surya tjandra hingga mantan Pangilma TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Adapun acara makan siang bersama Jokowi dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 12.00 WIB. Hingga pukul 11.39 WIB, sejumlah menteri terpantau sudah berdatangan di Istana.

Keberadaan PAN menjadi penting. Sebab, isu reshuffle kabinet mencuat sejak PAN bergabung dengan koalisi pemerintah pada Agustus 2021. Namun hingga Selasa sore, Jokowi belum melakukan reshuffle dan PAN belum mendapat kursi di kabinet.

Pada Maret lalu, sejumlah politikus PAN menyatakan Jokowi telah bertemu dengan Zulkifli. Dalam pertemuan itu, presiden meminta Zulkifli menyiapkan nama untuk mengisi posisi menteri.

Posisi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sendiri sudah goyah sejak beberapa bulan terakhir. Dia dianggap gagal menangani masalah kelangkaan dan melonjaknya harga minyak goreng di tanah air. Jokowi sempat memberi sinyal tak lagi mempercayai Lutfi dengan menyerahkan penanganan masalah itu kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain Zulkifli Hasan, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga dikabarkan akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju. Hadi juga hadir di Istana pada Selasa kemarin. Hadi disebut berpeluang menggantikan posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Baca: Profil Zulkifli Hasan, Calon Menteri Baru Jokowi yang Sempat Tersandung Masalah

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan