Zulkifli Hasan Masuk Kabinet Jokowi, Kekayaannya Rp 32,8 Miliar

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dipastikan akan menjadi menteri dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang rencananya diumumkan pada Rabu siang ini, 15 Juni 2022. Politikus asal Lampung itu memiliki harta dengan total Rp 32,8 miliar.

Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto memastikan Zulkifli akan menjadi menteri. Dia menyatakan ketua umumnya tersebut akan makan siang bersama dengan para ketua umum partai anggota koalisi terlebih dahulu.

"Bang Zul diundang makan siang bersama Presiden dan para Ketum (anggota koalisi partai politik pengusung pemerintah), setelah itu pelantikan. Saya belum bisa sampaikan posisi menterinya," kata Wali Kota Bogor itu saat dihubungi, Rabu pagi, 15 Juni 2022.

Dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zulkifli terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 27 Maret 2022. Dia mengaku memiliki total harta kekayaan Rp32.810.882.791.

Zulkifli melaporkan kekayaannya itu karena menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Dia menyatakan memiliki tanah dan bangunan berjumlah Rp 12,985. miliar. Zulkifli mengaku memiliki delapan tanah dan bangunan hasil sendiri di Jakarta Timur dan satunya lagi di Bogor.

Dia mengaku hanya memiliki dua kendaraan roda empat dengan total nilai Rp 1,1 miliar. Rinciannya adalah mobil Toyota Alphard minibus tahun 2009 hasil sendiri senilai Rp 200 juta dan mobil Toyota Alphard tahun 2019 hasil sendiri senilai Rp 900 juta.

Zulkifli juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp 1,5 miliar dan surat berharga Rp 4,99 miliar. Kas dan setara kas berjumlah Rp 12.985.500.000, serta tidak tercatat memiliki utang.

Laporan harta kekayaan Zulkifli tersebut naik dari sebelumnya. Pada 31 Maret 2021, dia mengaku memiliki harta kekayaan dengan total nilai Rp 30.400.230.347.

Masuknya Zulkifli Hasan sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju sudah terdengar sejak Agustus 2021. Saat itu, PAN resmi masuk ke dalam koalisi partai politik pendukung pemerintah.

Pada Maret lalu, sejumlah petinggi PAN juga menyatakan Zulkifli telah bertemu dengan Jokowi. Dalam pertemuan tersebut Jokowi meminta nama kader PAN untuk duduk di kabinetnya.

Selain Zulkifli Hasan, Presiden Jokowi kabarnya juga akan memberikan kursi menteri kepada mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto. Hadi juga telah bertemu dengan Jokowi pada Selasa kemarin.

Baca: Profil Zulkifli Hasan, Calon Menteri Baru Jokowi yang Sempat Tersandung Masalah

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan