Banjir Rob Rendam Kampung Nelayan Tambaklorok Semarang, Pompa Tak Mampu Atasi

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Semarang - Banjir rob setinggi setengah meter lebih merendam Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang pada Kamis, 16 Juni 2022. Beberapa kendaraan roda dua yang memaksa menerjang rob mogok lantaran mesin terendam.

Tak hanya jalanan, air rob juga menggenangi rumah warga. Di dalam rumah ketinggian air rob antara 10 sampai 30 sentimeter. Menurut warga sekitar, banjir rob tersebut telah terjadi sejak dua hari terakhir. "Hari ini lebih tinggi dibanding kemarin," kata Riri Putri, warga Tambaklorok.

Air rob juga masuk ke toko kelontong miliknya yang berada di samping jalan. Dia menyebut rob yang terjadi dalam hari terakhir ini berbeda dengan sebelumnya. Rob kali ini terjadi saat pagi hari. "Air mulai pasang pukul 09.00 puncaknya pukul 12.00 tadi," ujarnya. "Robnya sekarang shift pagi. Biasanya sore - malam surut."

Ada satu mesin pompa air terpasang di sudut Kampung Tambaklorok. Pompa tersebut berada di titik rob yang cukup dalam. Namun pompa air tersebut tak dinyalakan karena ketinggian air di atas tanggul. "Percuma dinyalakan airnya balik lagi," sebut Riri.

Menurutnya, salah satu sumber dana untuk membeli bahan bakar pompa tersebut diperoleh dari sumbangan suka rela warga. Sumbangan tersebut di tampung dalam kotak yang pasang jalan akses menuju Tambaklorok.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang Winarsono mengatakan telah menyiapkan mitigasi untuk mengantisipasi potensi air laut pasang saat supermoon pada 14 Juni 2022 lalu. "Menyiapkan mesin pompa di Tambaklorok," kata dia pada Senin, 13 Juni 2022.

Dia juga meminta warga di pesisir yang rawan terdampak banjir rob agar mengamankan barang berharga dari kemungkinan terendam banjir menjelang supermoon. "Melaporkan secepatnya bila terjadi bencana ke BPBD," ujarnya.

JAMAL A. NASHR

Baca Juga: Potensi Banjir Rob 11-23 Juni, BMKG: Supermoon Naikkan Level Pasang Laut

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan