Hampir Seluruh DPW Usulkan Anies dan Ganjar Sebagai Capres di Rakernas NasDem

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling banyak diusulkan sebagai calon presiden dalam Rapat Kerja Nasional atau Rakernas NasDem yang digelar di JCC Senayan, Kamis, 16 Juni 2022.

Hampir seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) mengusulkan nama Anies dan Ganjar sebagai capres dalam sidang pleno terbuka hari ini.

Catatan Tempo, dari 34 DPW yang hadir di Rakernas NasDem, nama Anies diusulkan oleh lebih dari 32 DPW. Suara untuk Ganjar juga hanya selisih sedikit dengan Anies, hampir 30 DPW.

Selain Anies dan Ganjar, nama capres usulan daerah yang banyak disebut yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sementara dari kader internal NasDem yang banyak disebut di antaranya Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR Lestari Moeridjat, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam Rakernas NasDem kali ini, setiap DPW boleh mengajukan tiga hingga lima nama usulan capres dari hasil penjaringan masing-masing daerah. Panitia pengarah selanjutnya akan mengerucutkan menjadi tiga nama capres untuk diserahkan kepada ketua umum.

"Ketua Umum Partai NasDem, Pak Surya Paloh akan membacakan tiga nama itu pada malam penutupan 17 Juni 2022," ujar Sekretaris Steering Committee Rakernas, Willy Aditya di NasDem Tower, Senin, 13 Juni 2022.

Selanjutnya, ujar Willy, ketua umum diberi mandat untuk melakukan lobi membangun koalisi dan pada saatnya mengumumkan calon presiden NasDem bersama mitra koalisi.

Baca juga: Rakernas NasDem, Nama Anies Baswedan hingga Dudung Diusulkan Jadi Capres

DEWI NURITA

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan