Meresahkan Dunia Karena Terus Pamerkan Senjata Nuklirnya, Sebenarnya Berapa Banyak Hulu Ledak Nuklir yang Dimiliki Korea Utara, Sampai Bikin Amerika Gusar?

  • Bagikan

Suaraflores.net - Korea Utara memiliki paling banyak sekitar 20 hulu ledak nuklir, sebuah pusat penelitian terkemuka merilis laporan pada (13/6).

Dalam konteks bahwa Pyongyang diyakini dapat melakukan uji coba nuklir setiap saat.

Tahun ini, Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) secara khusus menilai "pada jumlah hulu ledak nuklir yang dimiliki Korea Utara", paling banyak 20 hulu ledak, menurut SCMP.

Statistik dari tahun-tahun sebelumnya hanya menyebutkan jumlah hulu ledak nuklir yang dapat dibangun Korea Utara.

"Berdasarkan jumlah bahan fisil (bahan yang dapat menopang rantai reaksi fisi nuklir)".

Ini adalah pertama kalinya SIPRI memasukkan jumlah hulu ledak nuklir yang mungkin dimiliki Korea Utara dalam jumlah total hulu ledaknya secara global.

SIPRI menerbitkan laporan tahunannya ketika AS dan sekutunya Korea Selatan dan Jepang sedang mempersiapkan skenario uji coba nuklir pertama Korea Utara sejak September 2017.

Para pejabat AS memperkirakan bahwa Pyongyang telah menyelesaikan persiapan di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri di timur laut negara itu.

Lembaga penelitian yang berbasis di Swedia memperkirakan bahwa Korea Utara akan memperluas persediaan bahan fisilnya pada tahun 2021.

Ini cukup untuk membangun 45 hingga 55 hulu ledak nuklir dan "beberapa hulu ledak kecil yang dipasang pada rudal balistik, kelas menengah".

Sejak awal tahun ini, ketegangan di semenanjung Korea terus meningkat karena Pyongyang berulang kali menguji coba rudal balistik.

Menurut laporan SIPRI, jumlah hulu ledak nuklir di seluruh dunia pada Januari 2022 adalah 12.705, turun sedikit dari 10.080 tahun lalu.

Namun SIPRI memperkirakan, "persenjataan nuklir global akan terus meningkat selama dekade berikutnya".

Risiko penggunaan senjata nuklir "lebih tinggi daripada kapan pun sejak puncak Perang Dingin", kata SIPRI.

Rusia saat ini menjadi negara dengan hulu ledak nuklir terbanyak dengan 5.977, diikuti oleh AS dengan 5.428.

Rusia dan AS memiliki 90% hulu ledak nuklir dunia.

China sekarang berada di peringkat ketiga dengan 350 hulu ledak nuklir, tidak berubah dari tahun lalu.

Prancis dan Inggris berada di belakang dengan masing-masing 290 dan 180 hulu ledak nuklir.

Pakistan memiliki 165 hulu ledak nuklir, India memiliki 160 dan Israel memiliki 90.

Sumber: intisari-online.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan