NasDem Buka Peluang Ada Nama Capres di Luar Usulan DPW

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate menyebut bahwa masih ada peluang nama rekomendasi calon presiden atau capres partainya di luar usulan 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang disampaikan secara terbuka dalam Rakernas NasDem, Kamis, 16 Juni 2022.

"Yang tadi disampaikan di dalam forum rapat pleno adalah rekomendasi DPW. Pada saat penggodokan di screening committee nanti kan ada DPP NasDem, DPP bisa menambah (nama) dan bisa juga tidak," ujar Johnny di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis, 16 Juni 2022.

Dalam sidang pleno Rakernas NasDem hari ini, tokoh dari eksternal mendominasi daftar calon presiden usulan daerah. Dari 34 DPW, sebanyak 32 DPW mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan 29 DPW mengusulkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain itu, nama lain yang juga banyak diusulkan dari eksternal yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Andika Perkasa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sedangkan nama dari internal Nasdem cukup banyak yang muncul di antaranya Rachmat Gobel dengan 14 suara, Syahrul Yasin Limpo dengan 7 suara, dan Lestari Moeridjat 6 DPW.

Johnny mengatakan, dari banyak nama tersebut, panitia pengarah akan mengerucutkan tiga nama capres dengan mekanisme musyawarah mufakat, bukan voting. Rapat pleno penggodokan nama capres tersebut akan digelar sekitar pukul 21.30 malam ini. Hasilnya akan diserahkan kepada Ketua Umum Surya Paloh pada esok hari.

Johnny enggan membocorkan kemungkinan nama-nama lain di luar usulan DPW yang akan diusulkan DPP. Menurutnya, hal tersebut tergantung dinamika rapat pleno nanti malam. Ia menyebut, nama-nama DPW ditampung sebagai aspirasi, namun DPP juga memiliki hak untuk menyampaikan pandangan. Kendati demikian, dia menampik bahwa aspirasi DPW ditampung sebagai formalitas saja, sementara DPP sudah mengantongi nama.

"Tidak, bagaimana mau formalitas, masuknya begitu banyak nama dan disampaikan secara formil di dalam rapat pleno. Itu bukan formalitas," ujar Johnny.

Sekretaris Steering Committee Rakernas Nasdem Willy Aditya menyebut nama tiga calon presiden rekomendasi partainya tentu tidak akan jauh-jauh dari yang disebutkan DPW hari ini. "Ya enggak jauh dari nama-nama hari inilah, kan tidak mungkin akan ada ujug-ujug. Namanya kan aspirasi wilayah,  jadi nama-nama itulah kami sarikan nanti jadi tiga nama," ujar Willy.

Tiga nama capres tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Surya akan membacakan tiga nama itu pada malam penutupan 17 Juni 2022. Selanjutnya, ketua umum diberi mandat untuk melakukan lobi membangun koalisi dan pada saatnya mengumumkan calon presiden NasDem bersama mitra koalisi dengan membawa tiga nama itu.

DEWI NURITA

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan