Sehari Sebelum Reshuffle Surya Paloh Bertemu Jokowi

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Sehari sebelum reshuffle kabinet, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kedatangan Paloh tak terendus media. Ia diduga masuk lewat pintu Istana Merdeka di sisi sebelah barat atau Wisma Negara, berbeda sejumlah pejabat yang biasanya masuk lewat pintu sebelah timur Istana Negara di Jalan Veteran III.

Sebelum pengumuman reshuffle pada Rabu Pahing, 15 Juni 2022, beredar nama-nama menteri yang akan diganti maupun digeser. Di antaranya adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Ketua DPP Partai NasDem Charles Meikyansyah membenarkan bahwa Surya Paloh menemui Presiden Jokowi sehari sebelum reshuffle kabinet. "Iya, kemarin pagi," ujarnya lewat pesan singkat, Rabu, 15 Juni 2022.

Meski demikian Charles enggan menjelaskan apa isi pertemuan Jokowi dengan Paloh. "Tidak ada info," kata dia.

Dua hari sebelum reshuffle, seorang sumber di pemerintahan yang mengetahui rencana perombakan kabinet menyebut salah satu menteri yang masuk daftar akan terkena reshuffle adalah wakil dari NasDem. Sumber tersebut menyebut nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul juga dipanggil ke istana sehari sebelum pengumuman reshuffle bersama dengan sejumlah menteri lainnya seperti Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan M. Lutfi, dan Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra.

Syahrul enggan berkomentar banyak usai dipanggil Jokowi. "Aku kerja saja, ada Allah SWT yang mengatur segalanya," kata Syahrul, Selasa lalu.

Adapun Airlangga dan Prabowo disebut datang pada hari itu dalam kapasitas sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan Partai Gerindra. Sementara sebagian besar menteri lainnya yang dipanggil sehari sebelum reshuffle, terdepak dari kabinet. Mereka adalah Menteri Perdagangan M. Lutfi, Menteri ATR Sofyan Djalil, dan Wakil Menteri ATR Surya Tjandra.
Syahrul tidak masuk dalam daftar menteri yang terkena reshuffle.

Menjelang pengumuman menteri dan wakil menteri baru pada Rabu siang,
sekitar pukul 11.00 WIB, Syahrul terlihat meninggalkan istana, berbeda dengan sejumlah pejabat lain yang justru datang untuk menghadiri pelantikan menteri baru.

Selanjutnya: Tak ada deal dengan Jokowi...

12 Selanjutnya

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan