Di Acara NasDem, Mahathir Mohamad Sebut Pemimpin Harus Berani Amputasi Masalah

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Eks Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad berbagi pengalamannya memimpin pemerintahan dalam acara kuliah umum di Rakernas Partai NasDem, Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022.

Mahathir bercerita, ia kerap membuat keputusan-keputusan yang kurang populis selama menjadi perdana menteri. Menurutnya, memimpin itu laiknya seorang dokter, mesti melakukan diagnosis untuk mengetahui akar masalah, lalu mencari solusi.

"Setelah diagnosa, kita paham penyakitnya, kita perlu cari obatnya. Ada kalanya penyakit sudah terlalu lama dan menular dan perlu dipotong untuk menyelamatkan bagian badan lain. Keputusan melakukan amputasi perlu dibuat walaupun amat sukar, pedih, dan menyedihkan. Begitulah kedudukan pemimpin nasional,” ujar Mahathir di lokasi Rakernas NasDem, JCC Senayan, Jumat, 17 Juni 2022.

Baginya, pemimpin yang tidak punya keberanian, yang hanya mencari aman, hanya akan menyengsarakan rakyat. "Tanpa sadar negara sedang rusak dan akhirnya akan binasa. Ketika itu rakyatlah yang bayar mahal,” ujar dia.

Seorang pemimpin, ujar dia, juga mesti merangkul mayoritas rakyat, tanpa meminggirkan kelompok minoritas. "Kalau tidak, pemimpin itu akan hilang sebagai pemimpin nasional dan jadi penyokong elitis. Karena itu kepemimpinan nasional perlu keberanian buat keputusan dan tindakan walaupun pahit sekalipun, jika dilakukan untuk kepentingan majority rakyat dan negara," tuturnya.

Dengan seluruh pengalaman kepemimpinan itu, Mahathir Mohamad menilai pemerintahan di bawah pemerintahan Joko Widodo sudah berjalan sesuai alur. "Dari yang saya lihat dan apa yang saya dengar, Indonesia di bawah pimpinan Pak Jokowi sedang berjalan atas landasan yang sewajarnya," kata Mahathir.

DEWI NURITA

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan