KPU Upayakan Keamanan Data Siber Aplikasi Sipol Peserta Pemilu 2024

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum mengupayakan keamanan data peserta Pemilu 2024 pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Anggota KPU RI Divisi Teknis Idham Holik mengatakan aplikasi tersebut mengalami pembaruan sistem, namun dia tidak menjamin Sipol tidak bisa diretas.

“Insya Allah keamanannya dan tadi kami juga sudah rapat koordinasi dengan BSSN, dengan pihak kepolisian dan sebagainya yang berkaitan dengan keamanan siber. Aplikasi-aplikasi yang digunakan KPU RI adalah salah satunya Sipol, tadi pagi kami rapat,” katanya saat ditemui di Kantor KPU, Jumat, 17 Juni 2022.

Menurut Idham, pengamanan dilakukan dari sisi firewall dan teknis aplikasi. Dia mengklaim aplikasi yang baru ini jauh lebih aman dari yang sebelumnya.

Selain itu, KPU juga berkomitmen dalam pengamanan data individu para peserta pemilu dan keanggotaan partai politik. “Prinsip perlindungan data itu yang utama, karena itu bersifat dengan privasi dan sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan,” tuturnya.

Terkait evaluasi dari Sipol dalam pemilu 2019, Idham mengatakan telah mempelajari dari apa yang kurang sebelumnya. Maka pembaruan ini pun disebut telah mempelajari permasalahan teknis yang muncul.

Pada rapat koordinasi bersama partai politik soal Sipol tadi siang, Idham mengatakan waktu migrasi data dari Sipol sebelumnya tergantung dari kinerja partai. Sebab partai juga berperan melakukan verifikasi kembali saat migrasi data para peserta pemilu.

Tata cara pengunggahan data pun melalui pengiriman berupa data format Excel. KPU, kata Idham, juga telah menyiapkan formulirnya agar siap diisi. “Saat ini input data masih pada form Excel yang nanti tanggal (Juni) bisa secara online. Tapi form excel-nya sudah diberikan, karena kan CSP, ya, yang format kita,” katanya.

Mengenai target penyelesaian pembaruan Sipol, dia menegaskan tangal 24 Juni 2022 sudah dapat digunakan. Formulir bentuk Excel yang disebutkan tadi adalah persiapan untuk memasukan data saja ketika Sipol sudah siap dioperasikan untuk pendaftaran peserta pemilu.

“Tanggal 24 (Juni) Sipol secara online sudah dapat digunakan dan saat ini partai politik sedang mempersiapkan migrasi data dan juga bisa menginput form Excel yang nanti akan langsung di-upload,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan