Respons PDIP Soal Nama Ganjar Masuk Daftar Usulan Capres di Rakernas NasDem

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan tidak campur tangan dengan urusan partai lain soal munculnya nama kader PDIP Ganjar Pranowo sebagai usulan bakal capres 2024 dalam Rakernas Partai NasDem.

“Bagi PDI perjuangan tentu saja kita tidak campur tangan rumah tangga partai lain,” Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis 16 Juni 2022.

Hanya saja, tutur ia melanjutkan, PDI Perjuangan memiliki prinsip bahwa menjadi partai politik itu memiliki tugas untuk menyiapkan kader-kader pemimpin yang digembleng dari anggota partai.

“Karena itulah, Rakernas PDI Perjuangan nanti diadakan di sekolah partai sebagai suatu pengingat bahwa kepemimpinan itu lahir melalui proses sekolah partai dan kemudian penugasan-penugasan kader partai,” kata Hasto.

Lebih lanjut, Hasto juga mengingatkan bahwa urusan mencalonkan Presiden dan Wakil Presiden merupakan kewenangan dari ketua umum partai.

“Pak Ganjar tadi sudah menegaskan bahwa dia adalah PDI Perjuangan, tegak lurus pada disiplin partai, dan terkait dengan calon presiden dan wakil presiden itu kewenangan ketua umum,” kata Hasto.

Sebelumnya, Hasto pernah bereaksi keras kemungkinan partai lain merangkul Ganjar sebagai bakal capresnya. Ia meminta partai lain fokus melakukan kaderisasi, bukannya membajak kader partai lain.

"Partai itu punya tugas menggembleng setiap anggota dan kadernya, bukan membajak kader dari partai lain dan itulah bagian dari prinsip yang harus dikedepankan. Kami tidak mendorong adanya salip-menyalip di dalam politik," tuturnya.

Adapun Ganjar Pranowo berterima kasih kepada NasDem soal namanya yang muncul di dalam usulan bakal capres. “Saya terima kasih mendapatkan kehormatan itu, tapi saya PDI Perjuangan,” ucap Ganjar Pranowo.

Sebagian besar pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung oleh Partai NasDem pada Pemilu 2024.

Tak hanya Anies dan Ganjar yang diusulkan oleh DPW NasDem dalam Rakernas NasDem, nama Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga disebut sebagai bakal capres.

Baca: Sekjen PDIP Berharap Seluruh Menteri Fokus pada Rakyat, Bukan Kepentingan Capres

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan