Surya Paloh Akan Bacakan 3 Nama Capres di Rakernas NasDem, Anies Masuk Daftar?

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan membacakan tiga nama calon presiden rekomendasi partainya dalam acara penutupan Rakernas NasDem pada Jumat, 17 Juni 2022.

Sekretaris Steering Committee Rakernas NasDem Willy Aditya mengatakan, panitia sudah melakukan rapat pleno kemarin malam dan sudah diperoleh tiga nama capres rekomendasi.

"Steering Committee sudah rapat pleno sampai pukul 11.30 tadi malam dan sudah memutuskan tiga nama, nanti jam 20.00 kami serahkan langsung kepada ketua umum," ujar Willy di lokasi Rakernas, JCC Senayan, Jakarta pada Jumat, 17 Juni 2022.

Willy menjelaskan, tiga nama tersebut digodok berdasarkan aspirasi 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang disampaikan dalam sidang pleno terbuka, kemarin. Kata Willy, nama-nama capres rekomendasi tidak jauh-jauh dari aspirasi tersebut.

"Tidak ada nama yang ujug-ujug bimsalabim abrakadabra terus ada nama baru, tidak. Tunggu saja, yang penting ini bukan voting, semalam kami bermusyawarah, kami bermufakat, kami sudah punya nama di kantong," ujar dia.

Dari penjaringan 34 DPW, muncul 25 nama usulan calon presiden baik dari kader internal maupun tokoh eksternal. Suara untuk tokoh dari eksternal lebih mendominasi. Sebanyak 32 dari 34 DPW mengusulkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden. Hanya dua provinsi yang tidak mengusulkan nama Anies, yakni; Papua Barat dan Kalimantan Timur.

Di bawah Anies, suara terbanyak kedua adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 29 DPW. Selanjutnya ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan 16 suara dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 13 suara DPW. Selain empat nama tersebut, nama capres usulan daerah yang banyak disebut di antaranya; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga KSAD Dudung.

Sementara dari kader internal NasDem yang banyak disebut di antaranya Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR Lestari Moeridjat, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, suara terbanyak belum tentu masuk daftar tiga rekomendasi capres Partai NasDem. "Belum tentu (masuk daftar capres rekomendasi), karena pada dasarnya pembobotan yang dicalonkan itu sama, siapa pun itu," ujar Surya di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate
mengatakan pengambilan keputusan rekomendasi oleh steering committee tidak dilaksanakan berdasarkan voting. "Mekanismenya musyawarah mufakat, sehingga jumlah angka dan usulan tidak menentukan ranking," ujar Plate, Kamis, 16 Juni 2022.

Johnny menyebut, masih ada kemungkinan muncul nama calon lain di luar usulan DPW tersebut. "Yang disampaikan di dalam forum rapat pleno adalah rekomendasi DPW. Pada saat penggodokan di screening committee nanti kan ada DPP NasDem, DPP bisa menambah (nama) dan bisa juga tidak," ujar Johnny Plate.

Johnny enggan membocorkan nama-nama lain di luar usulan DPW yang mungkin akan diusulkan DPP. Menurutnya, hal tersebut tergantung dinamika rapat pleno. Ia menyebut, nama-nama DPW ditampung sebagai aspirasi, di samping itu DPP juga memiliki hak untuk menyampaikan pandangan. Kendati demikian, dia menampik bahwa aspirasi DPW ditampung sebagai formalitas saja, sementara DPP sebetulnya sudah mengantongi nama.

"Tidak, bagaimana mau formalitas, masuknya begitu banyak nama dan disampaikan secara formil di dalam rapet pleno. Itu bukan formalitas," ujar Johnny.

Setelah mempertimbangkan aspirasi daerah dan juga mendengar pandangan DPP, akan dihasilkan tiga nama rekomendasi capres. Nama-nama tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Surya akan membacakannya pada malam penutupan 17 Juni 2022. Selanjutnya, kata Johnny, ketua umum diberi mandat untuk melakukan lobi membangun koalisi dan pada saatnya mengumumkan satu nama calon presiden NasDem bersama mitra koalisi.

Baca juga: Anies-Ganjar Berkibar di Rakernas NasDem, DPP: Belum Tentu Masuk Rekomendasi

DEWI NURITA

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan