Untung Bagi Ukraina Buntung Bagi AS, Rupanya Ini Sederet Senjata Mentereng yang Diinginkan Ukraina Tapi Bisa Bikin Amerika Jadi Lemah

  • Bagikan

 

Suaraflores.net - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengirimkan daftar senjata militer yang diinginkan Ukraina untuk melawan Rusia.

Di antara sederet senjata militer yang diinginkan Ukraina adalah senjata-senjata militer canggih milik Amerika Serikat (AS).

Misalnya 1.000 howitzer 155mm standar NATO, 300 sistem roket multi-peluncuran (MLRS), 500 tank, 2.000 kendaraan lapis baja, dan 1.000 drone.

Tidak jelas jenis drone dan kendaraan lapis baja apa yang dibutuhkan Kiev untuk mengusir serangan Rusia yang sedang berlangsung yang dimulai pada akhir Februari kemarin.

Amerika Serikat (AS) memang pemasok utama senjata untuk pasukan Ukraina selama konflik.

Akan tetapi daftar senjata yang diinginkan Ukraina rupanya bisa berimbas pada militer AS sendiri.

Sebagai contoh jumlah sistem MLRS yang diminta Ukraina kira-kira berjumlah setengah dari sisa stok yang ada di Washington.

Dilansir dari rt.com pada Jumat (17/6/2022), Angkatan Darat AS memiliki sekitar 363 artileri roket beroda HIMARS dan 225 peluncur M270 MLRS.

Sementara Marinir AS memiliki 47 lagi.

Jika AS mengikuti permintaan Ukraina, maka stok artileri 155mm akan secara efektif mengosongkan stok aktif AS.

Ini karena Pentagon menyerahkan hampir semua howitzer M777-nya.

Satu-satunya permintaan yang tampaknya relatif mudah dipenuhi adalah kebutuhan akan tank.

Sebab Angkatan Darat AS sendiri diperkirakan memiliki armada sekitar 6.000 unit tank Abrams dalam penyimpanan dan tugas aktif, kata The Guardian.

AS, Inggris, serta beberapa negara Barat lainnya telah secara aktif memasok berbagai senjata kepada pihak berwenang Ukraina baik sebelum dan sejak dimulainya konflik yang sedang berlangsung.

Sikap Barat ini membuat Rusia telah berulang kali memperingatkan agar Barat berhenti melakukannya.

Sebab pengiriman senjata itu hanya akan memperpanjang konflik tanpa mengubah hasilnya.

 

Sumber: intisari-online.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di suarafloresdotnet@gmail.com.
  • Bagikan