Didukung Demokrat Maju Pilkada 2024, Edy Rahmayadi: Istikharah Dulu Saya

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi masih mencari petunjuk untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara 2024. Eks Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini menjadi calon kuat yang bakal maju dan sudah mendapat sinyal dukungan politik.

"Nanti, istikharah (salat minta petunjuk) dulu saya ya," kata dia saat ditemui usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 11 Juli 2022.

Sebelumnya, sinyal dukungan datang dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Demokrat tak lain merupakan salah satu partai pendukung Edy saat memenangkan Pilgub 2018.

"Tentu harapan tahun 2024 ketika ada ikhtiar melanjutkan apa yang belum tuntas dan meningkatkan apa yang belum bisa dilakukan. Insyaallah, kami terus berikan dukungan (Edy Rahmayadi)," ucap AHY dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Senin, 16 Mei 2022.

Hal ini ditegaskan AHY menjawab pertanyaan media karena partai berlambang bintang mercy tersebut mendukung pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah pada Pilgub Sumut 2018. Selain Demokrat, pasangan Edy-Musa juga didukung Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, NasDem, PKB, PBB, Perindo dan Partai Garuda.

Lalu pada 6 Juli 2022, lembaga survei Charta Politik merilis survei terbaru mereka soal elektabilitas calon gubernur Sumatera Utara. Hasilnya, elektabilitas Edy ada di nomor dua, kalah dari Wali Kota Medan yang juga menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Sebelum ada sinyal dukungan dari Demokrat, Edy juga sudah hadir dalam rapat koordinasi Partai NasDem Sumatera Utara 3 Maret lalu. Kala itu di hadapan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Edy mengatakan dirinya tidak butuh partai lain bila NasDem mampu meraih target menjadi juara dengan meraih 20 kursi di DPRD. 

Dengan 20 kursi DPRD Sumut, menurut Edy, Nasdem sudah bisa seorang diri tanpa berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung dirinya maju kembali pada kontestasi Pilgub 2024 mendatang.  "Disampaikan cita-cita adalah 20 kursi di Sumatera Utara DPRD, jadi kalau saya maju lagi, saya tidak perlu partai lain," kata dia di Medan.

Baca juga: Partai Demokrat Beri Sinyal Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumut 2024

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan