Survei Indikator: DPR dan Parpol Konsisten di Urutan Terbawah Mendapat Kepercayaan Publik

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Hasil survei teranyar Indikator Politik Indonesia menunjukkan Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR dan partai politik konsisten menempati urutan terbawah dalam deretan lembaga yang mendapat kepercayaan publik.

Partai politik menempati posisi ke 10 dari 10 lembaga, dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 56,6 persen. Sementara DPR hanya satu tingkat di atasnya dengan 62,6 persen.

"DPR dan partai politik ini adalah lembaga yang menjadi tiang demokrasi, tapi sayangnya konsisten berada di paling bawah dalam tingkat kepercayaan publik, sehingga perlu ada perbaikan-perbaikan kinerja," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers, Senin, 11 Juli 2022.

Survei Indikator ini dilakukan pada 16-24 Juni 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ┬▒2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Baca juga: Survei Indikator: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Naik Jadi 67,5 Persen

DEWI NURITA

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan