Jokowi Ingatkan Zulkifli Hasan yang Kampanye Anaknya Saat Bagi Minyak Goreng

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi ikut merespons aksi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang mengkampanyekan putrinya saat membagikan minyak goreng di Lampung. Jokowi memberi peringatan agar menterinya fokus untuk bekerja.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," kata Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa, 12 Juli 2022.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan jadi sorotan saat membagikan minyak goreng besutan Kementerian Perdagangan "Minyakita" secara gratis. Pembagian dilakukan dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung, pada Sabtu, 9 Juli 2022. 

Dalam potongan video yang beredar, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tampak disambut meriah oleh warga setempat. Adapun kedatangannya diketahui untuk meninjau kondisi harga minyak goreng di pasaran. 

Minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp 10.000 untuk 2 liter. Namun, Zulkfli meminta warga yang datang untuk membeli tak usah membayar, karena minyak tersebut akan dibayar oleh anaknya, Futri Zulya Savitri.

"Nah, uangnya gak usah diberikan, dikantong aja, dikantongin! 10 ribu yang tanggung Futri tuh Futri," kata Zulhas dalam video yang beredar.

Tak sampai di sana, Ia secara terang-terangan meminta warga untuk memilih anaknya saat pemilu nanti. "Diterima dari mba Futri, tepuk tangan dong ibu-ibu gratis! Tapi milih Futri ya! Oke? Nah kalau milih Futri ntar tiap dua bulan ada deh ginian (minyak goreng gratis)," kata Zulkifli.

Zulkifli baru dilantik Jokowi menjadi menteri pada 15 Juni lalu menggantikan Muhammad Lutfi. Jokowi pun mengingatkan tugas Zulkifli untuk menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu per liter atau di bawahnya. "Paling penting itu, tugas dari saya itu," kata dia.

Kepala negara juga meminta agar produk yang dicek ketika kunjungan ke pasar adalah minyak goreng curah. "Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," kata dia.

Tapi dari beberapa pasar yang didatanginya, Jokowi menyebut harganya sudah Rp 14 ribu. Meskipun, masih ada di luar Jawa yang harganya berada di atas tersebut. Jokowi berjanji satu persatu akan diselesaikan.

Jokowi lalu menegaskan peringatan ini berlaku untuk semua menteri. Ia meminta semua bawahannya fokus bekerja, terutama yang berkaitan dengan pangan dan energi, seperti BBM hingga batu bara.

"Karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan, sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN SUARAFLORES.NET Yoga mengatakan acara Zulkifli Hasan tersebut digelar pada hari Sabtu, di mana para pegawai pemerintah libur. "Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai," kata dia.

Ia menyebut Zulkifli pun hadir sebagai Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. "Di acara itu Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan Calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1," ujarnya.

SUARAFLORES.NET Yoga juga menyebut minyak curah kemasan itu dibeli oleh Futri dan tidak gratis. Barulah kemudian minyak goreng ini dibagikan oleh Futri di daerah pemilihannya. "Hal ini tentu sikap yang baik karena dapat memberi manfaat bagi ibu-ibu di dapilnya," kata dia.

Di samping itu, SUARAFLORES.NET Yoga menyebut Zulkifli Hasan sebagai ketua umum partai tentu mengerti dan memahami rambu dan peraturan perundang-undangan. "Tidak akan abuse of power, menyalahgunakan kekuasaan sebagai menteri. Kegiatan partai dilaksanakan pada saat hari libur," ujarnya.

Baca juga: Pedagang Ragu MinyaKita Stabil di Harga Rp 14 Ribu: Jangan Sampai Hanya Lip Service

BISNIS

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan