Perpustakaan TIM Dibuka untuk Umum, Pengunjung Wajib Daftar Online

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta -  Perpustakaan Umum Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, telah dibuka untuk umum. Humas Perpustakaan Umum Jakarta Irfan mengatakan pengunjung wajib daftar online karena masih dibatasi. 

Kuota pengunjung Perpustakaan TIM dibatasi 300 orang. Sedangkan jam operasional perpustakaan dibuka sejak pukul 09.00.

“Kami buka 300 kuota untuk pendaftar," kata Irfan di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022. 

Petugas memilih buku di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Juni 2022. Sejak direvitalisasi tahun 2019 kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) kembali dibuka secara bertahap salah satunya yang akan kembali dibuka adalah Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta Cikini, dan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin. Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin memiliki sebanyak 169.039 eksemplar buku, sedangkan pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta Cikini memiliki koleksi sebanyak 187.000 eksemplar buku. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Bila ada pengunjung yang keluar dari perpustakaan, pengunjung lain di antrean bisa mendaftar dan masuk. Pengelola tetap membuka kesempatan bagi pengunjung yang datang langsung ke lokasi. Mereka diminta mendaftarkan diri di ruang utama perpustakaan selama kuota tersedia.

Fasilitas perpustakaan Jakarta ini di Gedung Panjang, yaitu di lantai 4, 5, dan 6. Perpustakaan ini berada di lokasi yang sama dengan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin.

Tak cuma ada buku di perpustakaan TIM. Di lantai 4 perpustakaan ini, selain buku anak dan keluarga, juga tersedia ruang bermain indoor maupun outdoor. Ruang bermain indoor disediakan bagi anak balita.

“Kami punya dua bilik bermain, indoor dan outdoor. Jadi anak bisa bermain ketika orang tua membaca," ujar Irfan.

Fasilitas lain perpustakaan ini adalah rak tangga untuk membaca, selain rak penyimpanan buku. Pengelola juga menyediakan bilik untuk pengunjung yang butuh privasi untuk membaca maupun bekerja. Satu bilik ini dapat diisi oleh dua orang.

Seorang pengunjung membaca buku di Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin, 11 Juli 2022. Keberadaan Perpustakaan Jakarta tersebut menjadi salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan literasi masyarakat. ANTARA/Budi Prasetiyo

Irfan mengatakan sudut favorit pengunjung perpustakaan adalah hamparan karpet dengan sejumlah  kursi bantal. Sudut favorit ini selalu penuh.

Perpustakaan TIM diresmikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada Jumat, 8 Juli lalu. Di Perpustakaan Jakarta itu telah tersimpan 138.000 koleksi buku dan 4.395 koleksi di PDS HB Jassin. Perpustakaan Jakarta berisi koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi kejakartaan yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca juga:  Anies Baswedan Resmikan Perpustakaan dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di TIM

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan