Kompolnas Ingin Pastikan Polri Profesional Usut Kasus Penembakan Brigadir J

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional menyambut baik ajakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk terlibat dalam tim khusus kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, pelibatan pihak eksternal agar Polri lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

“Pada prinsipnya Kompolnas akan memastikan Polri profesional dan mandiri dalam melaksanakan tugasnya dalam mengusut kasus ini, dengan didukung scientific crime investigation,” tuturnya saat dihubungi, Rabu, 13 Juli 2022.

Poengky mengatakan pihaknya terlah berkoodinasi dengan Polri mengenai kasus tersebut. Lembaga pengawas fungsional dan eksternal Polri tersebut juga telah memantau proses pemeriksaan. “Termasuk kemarin kami juga sudah memantau proses pemeriksaan yang dilakukan Polres Jakarta Selatan,” ujarnya.

Kemarin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan telah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono. Kemudian dibantu oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim), Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas), Asisten Sumber Daya Manusia Polri, dan melibatkan fungsi provost.

Dia menuturkan telah menghubungi pihak eksternal, seperti Komnas HAM dan Kompolnas untuk menginvestigasi kasus. Sigit ingin pemeriksaan kasus dijalankan transparan dan objektif hingga menemui titik terang.

Sebelumnya, Jumat pekan lalu telah terjadi kontak tembak antara Brigadir J dengan Bharada RE. Adu tembak diduga karena istri Inspektur Jenderal Ferdy Sambo berteriak meminta tolong saat dilecehkan dan ditodong pistol oleh Brigadir J.

Bharada RE yang berada di dalam rumah langsung menghampiri asal suara teriakan minta tolong tersebut. Ketika kontak tembak, Brigadir J tewas setelah mendapat tujuh tembakan oleh Bharada RE.

Baca juga: Keluarga Tuntut Keadilan kepada Kapolri soal Kematian Brigadir J

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan