Terima Pengurus Yayasan Amanah Kita, Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia

  • Bagikan
INFO NASIONAL -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung upaya Yayasan Amanah Kita yang sedang membangun kawasan wisata religi dan peradaban Islam terbesar, 99 World Mosque Miniature Park atau Taman Miniatur 99 Masjid Dunia. Menghadirkan 99 miniatur masjid dari 86 negara dunia, dibangun di dalam satu kawasan seluas 215 hektar di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Miniatur masjid yang akan dibangun antara lain, Masjid Agung Demak dan Masjid Klungkung mewakili Indonesia, Masjid Sultan mewakili Singapura, Masjid Camii Tokyo mewakili Jepang, Masjid Sultan Ahmed dan Masjid Hagia Sophia mewakili Turki, Masjid Grand Rome mewakili Italia, Masjid Sheikh Sayed mewakili Uni Emirat Arab, hingga Masjidil Haram, Nabawi, Quba dan Qiblatain mewakili Saudi Arabia, serta Majid Al Aqsa mewakili Palestina," ujar Bamsoet usai menerima pengurus Yayasan Amanah Kita, di Jakarta, Rabu (13/7/22).

Pengurus Yayasan Amanah Kita yang hadir antara lain, Ketua Umum M. Hartono A Limin, Wakil Ketua Andi Lukman, dan para anggota Dendi Gumilang, Laja Lapian, serta M. Gusni Putra.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selain membawa misi meningkatkan kesalehan sosial, keberadaan 99 World Mosque Miniature Park juga membawa misi kebudayaan. Karena tidak hanya menampilkan sisi religiusitas masjid, melainkan juga aspek kebudayaan yang melekat pada setiap masjid. Karena itu, di depan taman miniatur masjid juga akan didukung perangkat kebudayaan dari negara asal masjid tersebut. Seperti peragaan tradisi dan budaya termasuk menyajikan berbagai macam kuliner khas.

"Menjadi wujud konkret bahwa bangsa Indonesia turut menjaga dan melestarikan perjalanan panjang peradaban islam dunia. Mengingat setiap masjid yang dibangun tidak lepas dari sejarah yang telah mewarnai kehidupan umat manusia sejak puluhan abad silam," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, sebagai kawasan wisata religi, 99 World Mosque Miniature Park juga bisa mendatangkan banyak turis dari dalam maupun luar negeri. Sehingga bisa memberikan multiplier effect economy yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Berbagai fasilitas umum pendukung juga akan dibangun di kawasan 99 World Mosque Miniature Park. Antara lain, Masjid Utama (Grand Mosque) berkapasitas 200.000 jamaah, lembaga pendidikan seperti pesantren dan universitas, perpustakaan, dan hotel. Tidak menutup kemungkinan nantinya juga bisa digunakan untuk menyelenggarakan berbagai konferensi internasional, seperti Organisasi Konferensi Islam," pungkas Bamsoet. (*)

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan