Wacana Bogor Masuk Jakarta Raya, Sebelumnya Mengemuka Ide Provinsi Bogor Raya

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta -  Wali Kota Depok memunculkan gagasan Provinsi Jakarta Raya yang terdiri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. 

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta menilai usulan pembentukan Jakarta Raya  yang didengungkan Wali Kota Depok Mohammad Idris positif, namun harus didiskusikan lebih lanjut. "Kami memandang ini adalah sesuatu yang positif, namun perlu didiskusikan lebih lanjut dan duduk bareng," kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Ahmad Yani di Jakarta, Selasa, 12 Juli 2022.

Sebelumnya, wacana Bogor untuk dijadikan sebagai Provinsi Bogor Raya pernah mengemuka. Melansir bogorkab.go.id, Bogor merupakan daerah dengan luas wilayah mencapai kurang lebih 2.664 kilometer persegi yang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten/Kota Bekasi di sebelah utara. Di sebelah barat, Bogor berbatasan dengan Kabupaten Lebak. Sementara di bagian timur, Bogor, berbatasan dengan Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Purwakarta. Untuk sebelah selatan, Bogor berbatasan dengan  Kabupaten  Sukabumi  dan  Kabupaten Cianjur.

Sejatinya, wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya telah lahir sejak 2016 lalu. Melansir dpr.go.id, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari daerah pemilihan Jawa Barat V (Bogor) yang disampaikan oleh Soenmandjaja menuturkan, ada beberapa alasan yang menyebabkan Bogor sudah cukup tepat untuk dinaikkan statusnya menjadi provinsi.

Faktor pertama adalah kondisi demografis. Jumlah penduduk Bogor mencapai lebih dari lima juta penduduk. Jumlah tersebut setara dengan penduduk sebuah negara di Eropa. Kedua, faktor historis. Sebelum Undang-Undang (UU) No. 5 Tahun 1974 terbit, Bogor merupakan salah satu karasidenan dari lima karesidenan di Provinsi Jawa Barat. Karesidenan Bogor tersebut meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kotamadya Bogor.

Dengan pembentukan provinsi baru bernama Provinsi Bogor Raya, Bogor dapat berfungsi sebagai daerah penyangga bagi Jakarta sebagai ibu kota negara. Melansir dari berbagai sumber Keempat eks Karasidenan Bogor tersebut dapat dimasukkan sebagai wilayah bagian Provinsi Bogor Raya.  Selain itu, daerah-daerah lain yang bisa menjadi bagian dari Provinsi Bogor Raya antara lain Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Cianjur, Depok, Kota Bogor, Karawang, dan Subang.

NAOMY A. NUGRAHENI 

Baca: PKS Sambut Positif Ide Memasukkan Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi ke Provinsi Jakarta

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari tempo.co di kanal Telegram “SUARAFLORES.NET Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan