Jangan Sampai Salah, Ini Beda antara Biografi dan Autobiografi

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Biografi merupakan kisah seseorang yang dituliskan orang lain. Sedangkan autobiografi merupakan cerita hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Nampaknya mudah untuk membedakan karya biografi dan autobiografi hanya dengan definisi tersebut.

Biografi Vs Autobiografi

Akan tetapi, bagaimana bila kisah hidup seorang tokoh bersumber dari tulisan tokoh itu sendiri, namun dituliskan ulang atau diringkas oleh orang lain? Apakah itu termasuk biografi, atau sebaliknya? Untuk menjawabnya, maka kita perlu lebih detail melihat unsur-unsur pembeda yang ada pada keduanya. berikut penjelasan dari berbagai sumber antara lain grammar.yourdictionary.com dan keydifferences.com:

Siapa yang menulis?

Unsur utama yang membedakan biografi dengan autobiografi adalah penulis cerita tersebut. Apabila menulis kisah diri sendiri, maka disebut autobiografi. Jika dituliskan orang lain, maka disebut biografi.

Kasus unik dari autobiografi adalah jasa penulis bayangan (ghostwriter). Banyak tokoh yang karena tujuan tertentu menyewa seorang penulis bayangan untuk menuliskan kisah hidup dirinya sendiri, namun hak kepenulisan tetap jatuh pada tokoh tersebut. Hal ini masih termasuk ke dalam autobiografi, karena ide tulisan masih berasal dari diri sendiri, sedangkan penulis bayangan hanya dijadikan perantara untuk menuliskannya.

Memoir Becoming karya Michelle Obama merupakan contoh penggunaan ghostwriter untuk menulis autobiografi.

Apa tujuan dan dari perspektif siapa?

Jika berbicara tujuan, autobiografi lebih menonjolkan aspek pencapaian yang diperoleh penulis selama hidup. Sedangkan biografi umumnya berfungsi sebagai pemberi informasi. Bahasa yang digunakan autobiografi biasanya lebih emosional, karena diambil dari perspektif pribadi penulis. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata ganti pertama saya dan aku. Biografi di sisi lain hanya sebagai modul untuk mengenal sosok penting sehingga jarang menggunakan kata saya atau aku kecuali pada kasus-kasus tertentu.

Dari mana sumber cerita didapat?

Biografi dan autobiografi punya metode berbeda dalam menyusun narasi. Informasi yang ada dalam biografi dikumpulkan melalui berbagai investigasi oleh penulis, baik dari wawancara maupun pengumpulan data lainnya, termasuk yang berasal dari pemilik kisah hidup itu sendiri. Sementara itu, autobiografi hanya ditulis berdasarkan pandangan dan memori-memori masa lalu penulis yang diingat kembali. Dalam hal ini, biografi lebih objektif daripada autobiografi karena tidak memuat pandangan pribadi saja.

Buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong, misalnya, termasuk ke dalam biografi karena penulis (Tjahaja Gunawan Diredja) mendapatkan seluruh informasi dalam buku itu melalui survei dan wawancara, bukan hanya berdasarkan dari ingatan Chairul Tanjung sendiri. Penggunaan kata ganti saya dalam buku tersebut hanya dipakai agar buku tersebut terkesan lebih dekat dengan pembaca.

Apakah atas sepengetahuan orang yang diceritakan?

Karena autobiografi dibuat berdasarkan keinginan orang yang punya kisah hidup, maka dapat dipastikan setiap karya autobiografi dibuat atas sepengetahuannya. Sedangkan biografi tidak selalu mendapatkan izin dari pemilik cerita. Hal ini bisa terjadi bila tokoh yang diangkat kisahnya merupakan pahlawan yang sudah gugur atau tokoh yang kisah hidupnya menjadi kepentingan publik.

Dari unsur-unsur yang disebutkan tersebut, berikut adalah rangkuman perbedaan biografi dan autobiografi:

Biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis oleh diri sendiri;Biografi bertujuan untuk menceritakan kisah hidup seorang tokoh, sedangkan autobiografi, di samping menceritakan kisah hidupnya, juga menonjolkan pencapaian-pencapaian hidup;Sumber biografi dapat diperoleh dari banyak cara, sedangkan autobiografi hanya berasal dari ingatan subjektif orang yang dijadikan cerita;Biografi mungkin atau tidak berdasarkan sepengetahuan orang yang diceritakan, sedangkan autobiografi memiliki izin dari pemilik cerita.

Demikian perbedaan biografi dan autobiografi. Keduanya merupakan karya tulis yang pada zaman ini terus berkembang dan mendapatkan popularitas.

RISTYAWAN PRATAMA 

Baca: 3 Tahun Cindy Adams Menulis Buku Biografi Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari tempo.co di kanal Telegram “SUARAFLORES.NET Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan