Moeldoko Jelaskan Inpres Jokowi Soal Mobil Dinas Listrik TNI – Polri

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Kepala Staf Presiden Moeldoko memastikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) soal penggunaan kendaraan listrik di lingkungan pemerintah, TNI dan Polri.

Lewat beleid ini, kata Moeldoko, Jokowi memberi instruksi langsung kepada kementerian dan lembaga tentang tugas masing-masing, serta zona prioritas pertama operasional mobil listrik.

"Sedang dalam proses. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai," kata dia ini saat ditemui dalam acara seleksi wawancara Sekolah Staf Presiden di Gedung Krida Bhakti, Jakarta Pusat, pada Kamis, 14 Juli 2022.

Moeldoko menyebut Inpres Jokowi ini memprioritaskan mobil listrik sesuai dengan fungsinya. "Bisa truknya mungkin nanti ke depan, bisa busnya mungkin, bisa sopir dan motornya, bisa messenger mobil-mobil untuk personel, untuk sedan atau jeep," kata Moeldoko.

Sebelumnya, Moeldoko menyebut Inpres ini untuk mempercepat penggunaan mobil listrik di lingkungan pemerintah, bagaimana nanti khususnya di lingkungan pemerintahan diwajibkan menggunakan mobil listrik," kata Moeldoko usai konferensi pers Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di Jakarta, Senin, 11 Juli 2022.

 Melalui inpres tersebut, Moeldoko mengatakan penggunaan kendaraan listrik di lingkungan pemerintah akan dilakukan secara bertahap.

"Konsepnya sudah jadi lah, kita tinggal menunggu saja," imbuh Moeldoko.

Menurut Moeldoko, percepatan penggunaan kendaraan listrik merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan amanat yang termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Selain itu, pemerintah juga memiliki target untuk memanfaatkan energi baru terbarukan sebanyak 23 persen dalam bauran energi nasional pada 2025, dan akan terus ditingkatkan sampai 31 persen pada tahun 2050.

Pada kesempatan yang sama, Moeldoko juga mengajak para produsen kendaraan listrik untuk berpartisipasi mewujudkan target tersebut, salah satunya dengan mengikuti Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang akan berlangsung pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Menurutnya, PEVS 2022 dapat menjadi momentum bagi para produsen kendaraan listrik untuk melakukan lompatan besar.

Dia menambahkan, Indonesia juga memiliki kesempatan yang luas untuk menciptakan merek sendiri. "Ke depannya, kalau Indonesia bisa langgeng (menggunakan kendaraan) murni listrik ya kenapa tidak," kata Moeldoko.

Baca juga: Jokowi Minta Perwira Muda TNI dan Polri Kuasai Teknologi Masa Depan

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan