Satu Dekade Popularitas PSY dan Gangnam Style, Ini Lirik Lagunya

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Gangnam Style, sebuah singel K-pop asal Korea Selatan yang dinyanyikan oleh PSY (Park Jae-Sang) dan pertama kali dirilis pada 15 Juli 2012.Saat pertama kali dirilis, lagu ini langsung berada dalam puncak tangga lagu Korea Selatan, Gaon Chart. Sebab, lagu ini memiliki ritme dan tarian yang unik sehingga semua orang menyukainya. Selain itu, Gangnam Style juga menjadi video K-pop dengan jumlah penonton terbanyak di YouTube. 

Mengutip laman socialmediatoday, label Gangnam Style, YG Entertainment, sudah memiliki rencana jauh sebelum video tersebut dipublikasikan. Mereka tahu bahwa ingin masuk ke pasar baru dan mulai membangun platform yang dapat digunakan untuk mendorong konten. Memiliki pelanggan yang banyak dalam YouTube merupakan kunci utamanya. Ini juga berarti mereka bisa mendapatkan jumlah penayangan yang tinggi dalam waktu singkat sehingga membantu mereka dengan cepat ditampilkan di grafik harian YouTube.

Rencana yang dibangun oleh YG Entertainment untuk lagu Gangnam Style sukses direalisasikan. Lagu ini sangat populer di segala penjuru dunia. Tarian yang unik menjadi wajah utama dalam lagu ini. Setelah rilis pada 15 Juli 2012, Gangnam Style mencapai posisi puncak di 100 video musik teratas YouTube selama satu minggu dari 28 Agustus 2012. Pada 1 September 2012, lagu ini menyalip lagu Gee dari Girl Generation menjadi video K-pop yang paling ditonton di YouTube. 

Video Gangnam Style yang dipopulerkan PSY ditonton lebih dari 9 juta per hari hanya dalam waktu dua bulan. Popularitas lagu ini tidak terbatas di suatu negara tertentu, melainkan sebaliknya. Negara yang menjadi kiblat musik sekali pun, yaitu Inggris turut mendengarkan lagu dan menirukan tarian dalam video ini.

Semua orang ketika itu menirukan tarian unik ini dan tidak jarang juga mengunggahnya ke media sosial sehingga lagu dan tarian ini semakin viral. Artis papan atas lainnya juga turut menirukan tarian ini, seperti Britney Spears, Katy Perry, Tom Cruise, dan William Gibson hingga Sekjen PBB Ban Ki-moon saat itu. Mereka juga membagikan lagu ini kepada para penggemarnya melalui Twitter. 

Melansir laman The National, video musik ini menjadi viral dan menjadi meme internet. Hal ini membuat Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan mengakui penyanyi tersebut karena meningkatkan minat dunia pada Korea. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk menghadiahkan PSY dengan Penghargaan Budaya Kelas 4 di Korea Selatan. Kalimat “Oppa Gangnam Style” juga dimasukkan dalam The Yale Book of Quotations sebagai salah satu kutipan paling terkenal pada 2012. 

Lantas, bagaimana lirik lagu Gangnam Style yang populer satu dekade lalu?

Lirik lagu Gangnam Style

Oppa Gangnam Style

Gangnam Style

Najelu dasun ono igajagi yoja

Kopi hanjanui yeoyureul aneun pumgyeok inneun yeoja

Bami om ya shimjangi bdeugeowojineun yeoja

Geureon banjeon inneun yeoja

Naneun zono hai

Najeneun loma kuftasano oncho zono hao

Keopi sikgido jeone woyshyat ttaerineun zono hai

Bami omyeon shimjangi oeojyeobeorineun zono hai

Oncho zono hai

Areumdawo sarangseureowo

Geurae neo hey geurae baro neo 

Jigeumbuteo gal dekkaji gabolkka

Oppa Gangnam Style 

Gangnam Style

Op, Oppa Gangnam Style

Gangnam Style

Op, Oppa Gangnam Style

Eh, sexy lady  Op, op, op

Jeongsukhae boijiman nol ttaen noneun yeoja

Ittaeda sipeumyeon mukkeotdeon meori puneun yeoja

Garyeotjiman wenmanhan nochulboda yahan yeoja

Geureon gamgakjeogin yeoja

Naneun sanai

Jeomjanha boijiman nol ttaen noneun sanai

Ttaega doemyeon wanjeon michyeobeorineun sanai

Geunyukboda sasangi ultungbultunghan sanai

Geureon sanai

Areumdawo sarangseureowo Geurae neo, hey, geurae baro neo

Areumdawo sarangseureowo Geurae neo, hey, geurae baro neo

Jigeumbuteo gal dekkaji gabolkka

Oppa Gangnam Style

Gangnam Style

Op, Oppa Gangnam Style

Gangnam Style

Op, Oppa Gangnam Style

Eh, sexy lady 

Op, op, op 

Ttwineun nom geu wie naneun nom

Naneun mwol jom aneun nom

Oppa Gangnam Style

Eh, sexy lady

Op, Oppa Gangnam Style

Eh, sexy lady

Op, Oppa Gangnam Style

RACHEL FARAHDIBA R 

Baca: Sekjen PBB Joget Gangnam Bareng PSY

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan