Survei Charta Politika: Prabowo Unggul di Jawa Barat, Ganjar Kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Lembaga survei Charta Politika merilis survei terbaru soal pilpres yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di daerah asalnya. Selain itu, Ganjar juga unggul di Jawa Timur. Adapun capres potensial lainnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul di Jawa Barat.

Survei terbaru ini mengenai preferensi politik masyarakat di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Tiga provinsi tersebut merupakan lumbung suara incaran calon presiden setiap Pilpres. 

Prabowo mendapat suara 26,9 persen di Jawa Barat, diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 22 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  19,5 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 15,2 persen. Calon lainnya berada di bawah angka 3 persen.

Di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo unggul telak 71,5 persen, Prabowo 7,6 persen, dan Anies 6,2 persen. Calon lainnya di bawah 3 persen.

Sementara itu, di Jawa Timur, Ganjar mendapat elektabilitas tertinggi sebesar 31,8 persen, diikuti Anies Baswedan 17 persen, Khofifah Indar Parawansa 15 persen, Prabowo Subianto 15 persen dan Puan Maharani  4,2 persen. Calon lainnya berada di bawah angka 3 persen.

Survei Charta Politika di Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Jawa Timur ini dilakukan pada 24-30 Juni 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden per provinsi dan margin of error (MoE) /- 2,83 persen.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

DEWI NURITA

Baca: Sekjen PDIP Kompak Gowes Bareng Sekjen PAN, Sempat Berbincang Isu Pilpres 2024

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan